Nasional

Anugerah Investasi Batam 2021, Apresiasi BP Batam untuk Dunia Usaha

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, jajaran pimpinan BP Batam, Wakil Gubernur Kepri, Marlin Agustina Rudi, bersama pengusaha-pengusaha Batam pada acara Anugerah Investasi Batam 2021 di Grand Ballroom Radisson Hotel, Sukajadi, Batam, Kamis (28/10). (Humas BP Batam untuk Batam Pos)

batampos.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam memberikan penghargaan kepada para pelaku usaha yang telah berkontribusi dalam pembangunan Batam serta pengembangan industri di Kota Batam. Pemberian penghargaan ini dilaksanakan dengan tajuk “Anugerah Investasi Batam 2021” di Grand Ballroom Radisson Hotel, Sukajadi, Batam, Kamis (28/10).

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan bahwa capaian 50 tahun BP Batam dalam membangun Batam tentu tidak dapat lepas dari peran pelaku usaha. Karena itu penghargaan ini tentunya diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pengusaha.

“Mereka (pengusaha) ikut berkiprah membangun Kota Batam. Seperti McDermott, perusahaan terlama sampai saat ini masih beroperasi dengan baik,” katanya.

Dijelaskan Rudi, Batam telah berkembang sebagai daerah industri, perkapalan, perdagangan dan pariwisata secara progresif selama 50 tahun terakhir. Batam juga merupakan daerah dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi Kepulauan Riau. Pertumbuhan ekonomi pada tahun 2019 di Batam, yaitu 5,92 persen melampaui pertumbuhan ekonomi provinsi yang 4,84 persen dan bahkan sama dengan pertumbuhan nasional yaitu 5,92 persen.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. (Humas BP Batam untuk Batam Pos)

Meskipun pertumbuhan ekonomi di Batam 2020 menurun sebesar -2,55 persen, jika dibandingkan dengan penurunan ekonomi di Kepulauan Riau sebesar -3,8 persen, Batam masih lebih baik. “Penurunan ini jelas berdampak di saat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Rudi mengatakan, BP Batam telah mengabdi selama genap 50 tahun di Batam dan terus berupaya dalam meningkatkan investasi dan pembangunan, sehingga dapat berkontribusi besar dalam perekonomian Indonesia. “Hari ini kami merayakan semangat investasi yang bermartabat dengan Penghargaan Investasi BP Batam 2021,” katanya, kemarin.

Dengan 10 kategori, dari pengusaha paling inovatif hingga negara yang paling banyak berinvestasi di Batam, Pihaknya sangat berharap penghargaan ini akan merangsang dan memastikan investor kami yang ada dan sekarang untuk berekspansi sekaligus berinvestasi di Batam.

“Oleh karena itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua yang telah menghadiri Penghargaan Investasi 2021 ini, dan berharap yang terbaik bagi semua pemenang di masa depan,” katanya.

Adapun tokoh dan perusahaan yang mendapatkan penghargaan di antaranya:

1. Tokoh Pegiat Investasi “Pengusaha Paling Menginsprasi”, Abidin Hasibuan
2. Tokoh Pegiat Investasi “Pengusaha Paling Inovatif”, Kris Wiluan.
3. Perusahaan dengan Ekspor Tertinggi: PT Pegatron Technology Indonesia.
4. Perusahaan menyampaikan ketaatan laporan LKPM: PT Panasonic Industrial Devices.
5. Perusahaan dengan realisasi investasi terbesar: PT Caterpillar Indonesia Batam.
6. Perusahaan terlama, Lifetime Achievement: PT McDermott Indonesia.
7. Perusahaan manufaktur dengan tenaga kerja terbanyak: PT TDK Electronics Indonesia.
8. Negara dengan investasi terbesar: Singapura
9. Perusahaan 4.0 dengan realisasi investasi terbesar: PT Schneider Electric Manufacturing Batam.
10. Kawasan Industri Impian, Batamindo Industrial Park.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Utama, PT Sat Nusapersada Tbk, Abidin Hasibuan, setelah menerima penghargaan di hadapan Kepala BP Batam memberikan apresiasi kepada BP Batam terhadap banyaknya perubahan yang telah dilakukan untuk mempercepat perizinan investasi di Batam.

Menurutnya, sudah banyak perubahan di dalam birokrasi BP Batam. Terlebih lagi sejak di bawah kepemimpinan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi. “BP Batam sudah banyak berubah, lebih profesional. Dulu saya pernah mengkritik banyak perizinan hantu, tapi sekarang sudah tidak ada lagi,” katanya.

Abidin juga mendukung pembangunan infrastruktur yang terus dilakukan BP Batam dan juga Pemko Batam. Hal itu menurutnya sebagai bukti bahwa pemerintah memang tengah serius untuk membangun Kota Batam. “Dari infrastruktur juga bisa kita lihat bahwa itu fakta bahwa seorang Muhammad Rudi adalah sosok yang memang pekerja keras,” ujarnya.

Direktur Utama Kabil Citra Nusa, Peter Vincent, juga memberikan apresiasi kepada BP Batam yang terus mendukung para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya di Kota Batam. “Selamat Hari Bakti ke-50 BP Batam, terima kasih kepada Kepala BP Batam atas penghargaan yang diberikan kepada kami,” kata Peter.

Peter berharap BP Batam terus membantu dan memberikan kemudahan perizinan kepada pengusaha yang sudah ada saat ini. Sehingga ke depannya dapat mengajak para investor lainnya agar mau menanamkan modalnya di Batam.

Di sela pemberian penghargaan, BP Batam meluncurkan buku Fostering Growth of BP Batam 50th Anniversary yang secara simbolis diberikan oleh Anggota Bidang Administrasi dan Keuangan BP Batam, Wahjoe Triwidijo Koentjoro kepada Kepala BP Batam, Muhammad Rudi dan Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto. Nantinya buku ini akan diberikan kepada perusahaan asing, asosiasi usaha asing serta perwakilan negara asing untuk Indonesia.

Penghargaan yang ditujukan kepada para pelaku usaha dan industri di Batam ini juga dihadiri oleh Anggota Bidang Kebijakan Strategis BP Batam, Enoh Suharto Pranoto, Anggota Bidang Pengusahaan Kawasan dan Investasi BP Batam, Sudirman Saad dan jajaran eselon II BP Batam serta sejumlah CEO dan Pemred media massa sebagai ungkapan terima kasih kepada insan pers yang telah bermitra dengan BP Batam. (*)

Reporter : RIFKI SETIAWAN
Editor : MOHAMMAD TAHANG