Zetizen

Si Hitam untuk Perawatan Rambut

Batampos.id – Masalah rambut seperti rambut lepek, rontok, hingga ketombe memang ganggu banget dan bikin bete. Namun, itu semua bisa diatasi dengan melakukan perawatan yang benar. Nah, belakangan ini, keramas menggunakan campuran sampo dan kopi lagi ngetren di media sosial TikTok dan Twitter. Klaimnya sih bisa memperbaiki masalah rambut rontok dan ketombe. Wah, kira-kira aman nggak ya? Yuk, simak faktanya lebih lanjut!

Studi yang diterbitkan dalam International Journal of Dermatology tahun 2007
mengemukakan bahwa kafein bisa merangsang serta mengaktifkan sel pada folikel rambut. Yakni, melepaskan ATP (adenosina trifosfat) yang memiliki kemampuan memerangi DHT (dihydrotestosterone), hormon penyebab kebotakan rambut. Itulah kenapa kafein bisa mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan batang rambut yang lebih tebal dan kuat. Hal serupa tercantum dalam British Journal of Dermatology, yang menunjukkan bahwa kafein dapat menyempurnakan proses pemanjangan rambut.

Selain kafein, ada kandungan flavonoid sebagai antioksidan yang mendorong regenerasi
rambut sehingga rambut lebih halus dan berkilau. Kandungan exfoliator dalam kopi juga mampu membersihkan tumpukan kotoran di kulit kepala sehingga mengurangi produksi ketombe. Beberapa kandungan tersebut ada pada kopi murni yang belum tercampur dengan bahan lain seperti gula dan susu. So, kopi yang dipakai untuk keramas nggak bisa sembarangan, ya!

Kalau tertarik buat mencoba, hal pertama yang kamu butuhkan pastinya kopi murni. Setelah membasahi rambut, campurkan sampo dengan kopi secukupnya. Lalu, gunakan di akar rambut dan kulit kepala seperti saat keramas biasanya. Pijit kulit kepala selama 3–5 menit, kemudian bilas dan pastikan nggak ada kopi yang tertinggal di kulit kepala. Biar makin maksimal, jangan lupa mengaplikasikan conditioner setelah keramas. Oh iya, keramas dengan campuran sampo dan kopi cukup dilakukan seminggu sekali.

Meski terbilang aman, perlu diketahui bahwa penggunaan kopi pada rambut hanya terbatas sebagai vitamin. Sebab, belum ada penelitian yang menunjukkan takaran pas untuk kopi yang digunakan sebagai perawatan rambut. Di sisi lain, penyebab masalah rambut pada tiap individu berbeda-beda. Jadi, efek yang dihasilkan setelah keramas menggunakan campuran sampo dan kopi juga nggak sama. Don’t too much, guys! (arm/c12/lai)

Selain digunakan sebagai minuman, kopi memiliki banyak manfaat untuk tubuh, lho! Sebab, kopi kaya akan antioksidan yang bersifat membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Menariknya, kita bisa memanfaatkan kopi dengan mudah menggunakan alat dan bahan yang sederhana. Nih, beberapa manfaat kopi yang bisa kamu terapkan untuk merawat tubuh. (arm/c12/lai)

Bubuk kopi mampu mengangkat sel kulit mati penyebab kulit terlihat kusam. Campurkan bubuk kopi dengan perasan lemon, lalu gosok campuran tersebut ke setiap bagian tubuh seperti memakai lulur. Diamkan sampai sedikit lebih kering dan bilas dengan air. Selain membuat kulit lebih halus dan cerah, eksfoliasi dengan bubuk kopi dapat membantu menyamarkan selulit. Tentu, efeknya nggak bisa didapatkan secara instan, tetapi butuh waktu dan beberapa kali pemakaian.

Selain mengganggu penampilan, mata panda bikin wajah kelihatan tua. Kamu bisa menyamarkan lingkaran gelap yang membandel di bawah mata itu dengan kopi. Sebab, efek kafein dalam kopi dapat mendukung pelebaran pembuluh darah dan mencerahkan pigmentasi gelap. Campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun, kemudian oleskan di bawah mata. Diamkan selama 5–10 menit dan bilas dengan air.

Bubuk kopi nggak hanya bermanfaat untuk badan, tetapi juga melembapkan dan mencerahkan bibir secara alami. Caranya adalah membuat scrub bibir dari kopi yang dicampur dengan madu atau minyak zaitun. Oleskan scrub pada bibir selama beberapa menit, diamkan sebentar, lalu bilas hingga bersih.

 

“Si Hitam untuk Perawatan Rambut”

Reporter : Siti Nuranisah
Editor : Agnes Dhamayanti

Melakukan perawatan rambut sangatlah penting. Jika tidak terawat dengan baik, rambut akan mengalami kerusakan. Banyak cara yang bisa kita lakukan, seperti memakai cara alami ataupun memakai produk tertentu. Nah, gimana sih, cara yang dilakukan teman Zets dalam merawat rambut? Yuk Simak! (*)

F. Dok Pribadi

Yoan Keny Wulansari Halawa
Politeknik negeri Batam
@yoankenyyy

Bagi saya merawat rambut sangat penting, Siapa sih yang ga mau punya rambut sehat? Pasti pada mau kan. Rambut yang sehat selain kita dapat kan dari gen orang tua bisa juga dengan mengonsumsi makanan yang sehat seperti saya suka mengonsumsi kacang hijau, buah alpukat dan mengonsumsi sayuran dan mencuci rambut 2 hari sekali secara teratur jangan terlalu sering karena akan membuat rambut kering dan kusam. (*)

F. Dok Pribadi

Qarin Virgiana Nurul Bani
Universitas Riau Kepulauan
@qarinbanii

Menurut saya, setiap jenis rambut memerlukan perawatan yang tepat agar rambut terasa lembut, ringan, dan tetap sehat. Untuk itu, ada beberapa perawatan rambut yang bisa dilakukan. Baik perawatan secara alami maupun perawatan di salon yang bisa dilakukan sesering mungkin. Dengan perawatan rambut yang tepat, maka kesehatan rambut dan kulit kepala pun bisa selalu terjaga setiap hari. Dengan cara :
1. Menggunting rambut secara teratur,
2. Mengonsumsi makanan bergizi seperti protein, asam lemak, zat besi dan zinc.
3. Menggunakan minyak atau vitamin rambut.
Dan menurut saya juga ada kesalahan yang harus dihindari, seperti menyisir rambut dari akar, menarik ikat rambut, terlalu sering keramas dan juga jarang potong rambut. (*)