Total Football

Laga Dua Pelatih di Pinggir Pintu Keluar

Pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. (F. Oli Scarff/AFP)

batampos.idEl Sackico. Pelesetan dari El Clasico tersebut merupakan sindiran yang diberikan media Inggris The Sun dalam pertemuan tactician Tottenham Hotspur Nuno Espirito Santo dengan tactician Manchester United Ole Gunnar Solskjaer malam nanti.

Pertemuan pada matchweek kesepuluh Premier League di Tottenham Hotspur Stadium (siaran langsung SCTV/Mola TV pukul 23.30 WIB) itu memang tidak menyenangkan bagi Nuno Santo maupun Solskjaer. Sebab, masing-masing berada dalam bayang-bayang pemecatan.

Nuno Santo yang baru musim ini menangani Spurs belum mampu mengembalikan DNA The Lilywhites sebagai tim dengan attacking football. Pelatih asal Portugal itu malah dianggap meninggalkan karakter warisan dari Mauricio Pochettino seiring Hugo Lloris dkk tidak pernah bisa menang lebih dari satu gol di Premier League musim ini.

Sementara itu, posisi Solskjaer terus digoyang setelah United disikat Liverpool FC lima gol tanpa balas di Old Trafford pada matchweek kesembilan pekan lalu (24/10). Kekalahan memalukan itu melengkapi jebloknya performa Harry Maguire dkk yang tanpa kemenangan dalam empat matchweek terakhir. United mencatat sekali seri dan tiga kali kalah.

BACA JUGA: Sah! Varane Ditebus Manchester United dengan Mahar Rp 822,3 M

Klaim bahwa siapa yang kalah malam nanti dipecat pun mengemuka. ”Kans Solskjaer lebih besar (untuk dipecat, red),” kata mantan gelandang Spurs Jamie O’Hara yang juga pandit talkSPORT.

Setali tiga uang, Nuno Santo masuk bursa pemecatan bersama Daniel Farke, pelatih klub juru kunci klasemen Norwich City.

Berbicara di kanal televisi klub, MUTV, kapten sekaligus bek tengah United Harry Maguire menyatakan bahwa dirinya dan rekan setimnya tidak ingin mengulangi kesalahan lawan LFC untuk laga malam nanti. Apalagi, Spurs punya rekam jejak pernah menghabisi United pada matchweek keempat musim lalu di Old Trafford. Spurs menang 6-1!

”Dia (Solskjaer) tahu apa yang harus dilakukan dalam meng-handle naik dan turunnya performa klub ini,” kata Maguire.

Ditambah, kemarin pelatih legendaris United Sir Alex Ferguson menyempatkan diri datang ke Carrington (markas latihan United). ”Kami hanya bercanda,” ujar Solskjaer yang enggan membeberkan maksud kedatangan Sir Alex saat berbicara dalam pre-match press conference tadi malam.

Pelatih yang menangani United sejak 19 Desember 2018 itu optimistis bisa melewati turbulensi dalam kariernya saat ini. ”Seingatku, sudah dua atau tiga krisis yang saya lewati (selama menjadi pelatih United) karena satu hal yang saya lakukan adalah berusaha dan melawan,” jelas Solskjaer. (*)

Perkiraan Pemain

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): 1-Lloris (g/c); 12-Royal, 4-Romero, 15-Dier, 3-Reguilon; 29-Skipp, 5-Hojbjerg; 27-Lucas, 28-Ndombele, 7-Son; 10-Kane Pelatih: Nuno Espirito Santo

Manchester United (4-2-3-1): 1-De Gea (g); 29-Wan-Bissaka, 19-Varane, 5-Maguire (c), 23-Shaw; 31-Matic, 17-Fred; 11-Greenwood, 18-B. Fernandes, 10-Rashford; 7-Ronaldo Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung