Total Football

Misi Bangkit yang Sulit Raksasa Timur

Pelatih Persipura Jaksen F Tiago. (F. jawapos.com)

batampos.id – Laga yang mempertemukan Persib Bandung melawan Persipura Jayapura malam ini di Stadion Manahan, Solo, terasa berbeda. Biasanya, duel kedua tim selalu menarik lantaran sama-sama berada di papan atas.

Tapi, kali ini, gapnya sangat jauh. Jika Persib bersaing di papan atas dengan 19 poin, Persipura tengah berjuang untuk keluar dari zona merah karena baru mengumpulkan 5 poin

Maung Bandung, julukan Persib, tengah dibalut kepercayaan diri tinggi sebagai satu-satunya tim yang belum terkalahkan di BRI Liga 1 2021–2022. Bahkan, tiga laga di seri kedua disapu bersih dengan kemenangan. Yaitu, saat melawan Bhayangkara FC (2-0), PSS Sleman (4-2), dan PSIS Semarang (1-0).

Rentetan hasil manis tersebut mendongkrak motivasi Victor Igbonefo dkk. Terlebih, jika kembali meraih kemenangan, Persib bisa kembali menggusur Bhayangkara FC di puncak klasemen.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts menyatakan, meski lawan tengah kesulitan di papan bawah, Persipura tetaplah Persipura yang selalu diperhitungkan di kompetisi. Menurut dia, tim lawan memiliki pelatih bagus dan pemain yang berbakat.

BACA JUGA: Bek Persib Bandung Ini Berlatih dengan Klub Lamanya di Belanda

“Sampai sekarang saya bisa bilang Persipura role model pemain-pemain seperti dari Brasil. Selain memiliki postur bagus, juga lahir dengan bakat dan talenta dengan kecepatan dan kekuatan khas Persipura,” tuturnya saat konferensi pers virtual kemarin.

Hal senada disampaikan bek Persib Victor Igbonefo. “Seperti coach bilang, mereka tetap tim bagus. Persipura adalah Persipura, tim bagus. Tapi, kami sudah siap menghadapi mereka,” paparnya.

Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago mengatakan, ambisi tim dalam laga melawan Persib bukanlah menghentikan rekor lawan yang belum pernah kalah. Dia lebih fokus untuk timnya sendiri. “Motivasi kami adalah meraih kemenangan dan bangkit untuk ke papan atas yang seharusnya kami tempati,” katanya.

Dalam mengusung misi bangkit, situasi bagi Persipura cukup sulit. Sebab, beberapa pilar dipastikan absen. Sebut saja trio yang saat ini membela timnas U-23 Ramai Rumakiek, Gunansar Mandowen, dan Irsan Lestaluhu.

Serta ada beberapa lagi yang absen seperti Israel Wamiau karena hukuman komisi disiplin. “Tapi, ini semua bukan hambatan. Kami daftarkan 30 pemain. Kami tidak pernah fokus ke pemain. Ini tantangan yang harus kami hadapi,” bebernya.

Sementara itu, Hedipo Gistavo juga masih fifty-fifty. Jacksen menyebutkan, Hedipo sudah menjalani karantina dan gabung latihan dua hari bersama tim. Hanya, ada beberapa hal yang harus dilengkapi Hedipo. Mulai sisi medis, hukum, hingga administrasi.

“Harapan besar dia bisa tampil, tapi ada administrasi yang harus dilengkapi,” pungkasnya. (*)

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung