Total Football

Tugas Sergi adalah Memudahkan Kerja Xavi

pelatih ad interim Barcelona Sergi Barjuan. (F. Josep Lago/AFP)

batampos.id – Handicap Xavi Hernandez begitu resmi menangani FC Barcelona nanti adalah psikis tim yang anjlok. Hal itu tentu tidak bisa terwujud cepat mengingat sekarang Xavi masih dalam proses pemutusan kontrak dengan klub Qatar Al Sadd SC.

Itulah gunanya Barca menunjuk Sergi Barjuan sebagai pelatih interim. Sergi resmi diperkenalkan kemarin (29/10) atau sehari setelah menggantikan Ronald Koeman. Dan, Sergi sudah memulai tugasnya dalam menyemangati Sergio Busquets dkk saat memimpin sesi latihan di Ciutat Esportiva Joan Gamper kemarin.

Waktu Sergi memang pendek karena Barca harus tampil dalam jornada ke-12 La Liga kontra Deportivo Alaves di Camp Nou dini hari nanti (siaran langsung beIN Sports 1 pukul 02.00 WIB). Kemenangan tentu dibutuhkan Barca yang kalah tiga kali dalam empat laga terakhir di La Liga.

”Tugasku adalah mengembalikan wajah ceria tim ini. Juga (mengembalikan) dukungan suporter,” ucap Sergi kepada Mundo Deportivo.

Faktor nonteknis lebih jadi atensi ketimbang teknis karena Sergi tidak akan mengubah drastis skema sebelumnya. ”Hanya konsep taktik yang akan lebih variatif,” imbuh pelatih yang dipromosikan dari Barca B tersebut.

BACA JUGA: Tanpa Messi, Barcelona Raih Trofi Joan Gamper

Skema 4-3-3 yang identik dengan Barca akan dioptimalkan Sergi yang tidak beruntung karena beberapa pemain absen. Sebut saja gelandang Frenkie de Jong dan Pedri hingga pemilik nomor 10 pengganti Lionel Messi, Ansu Fati. Sementara itu, wide attacker Ousmane Dembele masih diragukan tampil meski sudah terlibat dalam sesi latihan di Ciutat Esportiva Joan Gamper.

”Semua pemain punya kesempatan yang sama (untuk main, red). Aku perlu melihat lagi perkembangan terakhir (untuk menentukan starting XI, red),” beber pelatih 49 tahun itu.

Meski sudah memulai karier kepelatihan 12 tahun silam, Sergi belum punya rekam jejak menangani klub di La Liga. Dia pernah menangani Recreativo Huelva, UD Almeria, hingga RCD Mallorca. Tapi, semuanya berkiprah di kompetisi kasta kedua Spanyol alias Segunda Division. (*)

PERKIRAAN PEMAIN

FC Barcelona (4-3-3): 1-Ter Stegen (g); 2-Dest, 3-Pique, 24-Eric Garcia, 18-Jordi Alba; 20-S. Roberto, 5-Sergio Busquets (c), 30-Gavi; 11-Demir, 19-Kun Aguero, 9-Memphis Pelatih: Sergi Barjuan (interim)

Deportivo Alaves (4-2-3-1): 1-Pacheco (g); 23-Ximo Navarro, 5-Laguardia (c), 22-Lejeune, 3-Duarte; 15-Moya, 6-Loum; 18-Pellistri, 14-Manu Garcia, 11-Rioja; 9-Joselu Pelatih: Javier Calleja

Reporter: Jpgroup
Editor: Ryan Agung