Zetizen

A Cheerful Beaded Bag

Batampos.id – Beaded bag/tas manik yang sempat booming di era ’90-an kini kembali ngetren. Selain bentuknya yang unik, tas manik fleksibel digunakan, baik untuk acara formal maupun santai. Model tas satu ini kebanyakan dibuat secara homemade dengan pola dan warna sesuai selera. Motifnya yang beraneka ragam hingga paduan warna yang playful bakal jadi pelengkap outfit harian kamu. Well, kamu bisa loh bikin beaded bag sendiri di rumah sebagaimana yang dilakukan Viona Ferlyani.

’’Awalnya, aku memang sangat senang mengoleksi tas. Lalu, saat melihat beaded bag, aku jadi tertarik nih pengin belajar dan membuatnya sendiri. Apalagi pas masa pandemi, membuat kerajinan cocok banget buat mengisi waktu luang. Kebetulan juga mama sering membuat beaded bag dan kerajinan tangan lain sejak aku kecil. So, aku memang belajar dari mama hingga sekarang jadi hobi banget bikin beaded bag,’’ tutur gadis yang akrab disapa Viona itu.

Untuk membuat beaded bag, kamu perlu beberapa alat dan bahan seperti manik-manik, senar ukuran 150 lb, pola tas, dan gunting cekris. Pertama, buat pola dan alas tas sesuai desain yang diinginkan. Gunting senar sekitar 1 meter, lalu masukkan manik sebanyak empat buah. Setelah itu, sambung empat manik tersebut dengan memasukkan senar kanan ke dalam satu manik sebelah kiri. Masukkan lagi tiga manik ke dalam senar kanan, kemudian masukkan senar kanan ke satu manik sebelah kiri. Ulangi pola tersebut sampai tingginya sesuai dengan keinginanmu.

’’Kalau di tengah merangkai senarnya habis, kita sambung lagi dengan senar baru. Caranya, senar yang habis itu diselip aja ke dalam manik, terus diikat dua kali. Usahakan tetap rapi supaya senarnya nggak keluar dari manik. Setelah itu, sambung dengan senar baru dan masukkan ke manik yang terakhir kita rangkai. Untuk finishing, cukup rapikan senar yang sudah diikat dua kali menggunakan gunting cekris,’’ jelas Viona.
Meski kelihatannya mudah, ternyata membuat beaded bag lumayan rumit jika belum terbiasa. Karena itu, kamu harus benar-benar memahami pola dari tas manik yang ingin dibuat. Practice is a must! Banyak berlatih membuat beaded bag dengan lihat tutorialnya di YouTube atau TikTok. Selain makin kreatif, kamu bisa memperbanyak koleksi tas, mulai hand bag, sling bag, clutch, hingga tote bag. Tertarik untuk mencoba hobi baru ini? (arm/c12/lai)

MANIK-MANIK memang merupakan bahan dasar yang cantik untuk membuat kerajinan tangan. Bikin kreasi manik-manik juga sangat mudah karena alat dan bahannya ada di sekitar kita. Bukan cuman beaded bag, kamu bisa bikin kreasi lain sebagai berikut. Let’s try! (arm/c12/lai)

Membuat boneka dari manik-manik jauh lebih rumit daripada beaded bag. Sebab, kamu harus pandai memadukan warna manik supaya hasilnya terlihat seperti boneka. Oh iya, kita juga harus membentuk maniknya menjadi tiga dimensi. So, ada ruang kosong di tengah boneka. Proses pembuatannya diawali dengan menyusun bagian kepala, kemudian bagian badan.

Berbeda dengan kreasi sebelumnya, bros yang terbuat dari manik kebanyakan menggunakan kawat perhiasan sebagai pengganti senar. Itu akan menjadikan bros lebih kukuh dan nggak lentur saat dipakai. Dalam pembuatannya, kita bisa memanfaatkan berbagai bentuk dan ukuran manik-manik. Keluarkan kreativitasmu!

Kalau kreasi satu ini, pasti sudah sering kamu temui. Mulai kalung, gelang, cincin, hingga mahkota. Banyak banget model yang bisa dibuat karena prosesnya jauh lebih mudah dan bebas daripada kreasi sebelumnya. Banyak tutorial yang juga bisa kamu jadikan referensi kok. Siap-siap deh, koleksi perhiasan bakal makin banyak setelah bisa membuatnya sendiri, hihi.

 

“Kreasi Manik-Manik”

Reporter : Siti Nuranisah
Editor : Agnes Dhamayanti

Siapa nih yang pernah buat kerajinan tangan dengan bahan manik-manik? Yaps! Dengan bahan dari manik-manik ini kita bisa membuat apa saja sesuai dengan kreatifitas kita. Nah, gimana nih menurut teman Zets, manik-manik bisa menjadi kreasi apa saja sih? Yuk Simak! (*)

F. Dok Pribadi

Dwi Kartika Sari
SMA Islam Hang Tuah Batam
@dwikartikasari_2

Menurut saya manik-manik ini bisa dikreatifitaskan menjadi suatu benda yang bernilai jual. Apalagi di musim pandemi gini manik-manik bisa kita olah menjadi strap masker yang digunakan sehari-hari dan paling banyak dibeli orang dimusim pandemi gini atau dijadikan, gelang, kalung, dan hiasan aksesoris yang kita miliki. (*)

 

F. Dok Pribadi

 

Ade Irham Al Fauzari
SMA Integral Hidayatullah
@deeirhaam

Seni kerajinan manik-manik merupakan ciri khas berbagai kebudayaan dunia selama berabad-abad. Contohnya seperti manik-manik dari suku Dayak yang umumnya berwarna kontras atau terang seperti merah, kuning, hijau, putih, dan hitam. Karena menurut suku Dayak warna-warna terang ini dianggap sebagai lambang keharmonisan. Suku Dayak menjadikan manik-manik sebagai penutup kepala, tas, sampai pakaian adat. (*)

F. Dok Pribadi

Veronika Br Kaban
Alumni SMA N 16
@yaveronika_26

Menurut saya kreasi manik manik sangatlah baik untuk kita lakukan atau kerjakan karena kita harus menuangkan ide-ide yang menarik dan bisa digunakan sebagai hal yang menguntungkan kita. Berkarya dan berkembang dalam hal kreasi manik manik bisa membuat kita berhasil berbisnis. Kreasi manik-manik juga memiliki nilai dan keindahan serta keunikan, seperti cincin, gantungan kunci, hiasan rumah dan masih banyak lagi. (*)