Nasional

Matangkan Persiapan, Kemensos Gelar Rapat Pleno Perdana Jelang Peringatan Hari Pahlawan

 

batampos.id – Kementerian Sosial menggelar rapat pleno pertama secara daring dan luring. Rapat dipimpin Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto dilaksanakan untuk mendengarkan laporan dari para penanggung jawab bidang menjelang Hari Pahlawan 2021.

Sebelumnya, rangkaian kegiatan Hari Pahlawan sudah dimulai dengan berbagai kegiatan. Di antaranya Lomba Karya Ilmiah Kepahlawanan tingkat nasional dan kerja bakti kepahlawanan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utara (TMPNU) Kalibata.

Pada sesi pengantar rapat pleno, Dirjen Dayasos menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan rangkaian kegiatan Hari Pahlawan yang sudah berjalan. Apresiasi disampaikan pula kepada mitra kerja yang bekerja sama dengan Kementerian Sosial.

“Saya mengapresiasi dengan telah diselenggarakannya beberapa kegiatan Hari Pahlawan tahun 2021, seperti Lomba Karya Ilmiah Kepahlawanan tingkat Nasional dan Kerja Bakti Kepahlawanan,” kata Edi Suharto, di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial RI, Senin (1/11).

Edi ikut bangga karena pada kegiatan tersebut juga melibatkan peran serta generasi muda, generasi penerus bangsa yang kelak akan memimpin negeri ini ke arah yang lebih baik lagi

Edi berharap, dengan semangat dan nilai-nilai kepahlawanan semoga dapat menginspirasi setiap langkah kehidupan untuk melakukan aksi nyata di lapangan, sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”.

Pada rapat hari ini, pemimpin rapat mendengarkan laporan dari masing-masing bidang. Ketua Umum
Panitia Pusat Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2021 Murhardjani menyatakan,rangkaian kegiatan Hari Pahlawan dilaksanakan secara serentak di pusat, daerah dan luar negeri.

“Rangkaian acara pusat yang akan dilaksanakan ke depan antara lain upacara ziarah nasional, upacara tabur bunga di laut, penganugerahan gelar pahlawan nasional, hening cipta, upacara bendera, pengibaran bendera merah putih dan penguatan nilai kepahlawanan kepada para pelajar,” kata Murhardjani yang juga Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial (K2KRS).

Penyelenggaraan Hari Pahlawan dilakukan saat pandemi Covid-19 belum usai, namun tetap tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kegiatan Peringatan Hari Pahlawan untuk daerah baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota pada prinsipnya menyesuaikan dengan pelaksanaan di Pusat dan untuk perwakilan RI di luar negeri, acara peringatan Hari Pahlawan disesuaikan dengan situasi dan kondisi setempat, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Edi juga mendengarkan laporan dari penanggung jawab berbagai bidang termasuk Bidang 2 yang dipimpin oleh Direktur Pemberdayaan Sosial, Perorangan, Keluarga, dan Kelembagaan Masyarakat (PSPKKM) Serimika BR Karo. Ia melaporkan rencana kegiatan yang bertujuan melakukan penguatan nilai kepahlawanan kepada pelajar pada 14 sampai 17 November 2021.

“Kita akan undang perwakilan pelajar SMA di 34 provinsi juga pelajar di Jakarta, Tanggerang dan Bekasi, beserta guru pendampingnya,” ujar Serimika.

Selain bidang 2, Bidang 3 terkait publikasi di bawah pimpinan Kepala Biro Humas Kemensos, Hasim juga menyampaikan laporan. Ia menjelaskan kesiapan Biro Humas dalam memberikan dukungan publikasi kegiatan berskala nasional tersebut.

Dukungan publikasi sudah berjalan sejak beberapa hari sebelumnya seperti pemediaan terhadap rangkaian kegiatan Hari Pahlawan 2021. Misalnya, kegiatan kerja bakti di TMPNU Kalibata.