ubahlaku

Batam Maksimalkan Vaksin untuk Lansia

vaksinasi untuk lansia di Batam

batampos.id– Pemerintah Kota Batam mencatat sedikitnya enam ribu orang lanjut usia (lansi) masih belum mendapatkan vaksin hingga kini. Hal diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi, Selasa (5/11).

Ia menjelaskan saat ini sebenarnya untuk target lansia yang sudah divaksin sudah mencapai angka 71 persen dari target lebih kurang 20 ribu lansia. Angka ini lanjutnya, sudah memenuhi syarat untuk penentuan Batam menjadi level 1.

“Kendati demikian, Provinsi masih level 2, jadi kami diminta untuk mengejar target vaksinasi lansia ini, agar bisa mengangkat capaian provinsi, sehingga bisa turun ke level 1,” kata Didi saat dijumpai di acara Kunjungan Kerja BKKBN di RS Hj. Bunda Halimah.

Untuk itu, pihaknya bersama petugas di Puskesmas akan turun ke perumahan dan mencari lansia yang belum divaksin tersebut, agar capaian bisa lebih baik. Didi mengakui ada perbedaan angka capaian vaksinasi lansia di Kementerian Kesehatan yang di-posting.

“Angka kami sudah 71 persen, namun di Kemenkes itu 62 persen. Saya tidak tahu mereka pakai angka kapan itu. Tapi secara target untuk level 1 sudah bisa, karena hanya 60 persen minimal untuk bisa level 1,” sebutnya.

Dari target yang belum divaksin tersebut akan didata kembali, dan dibelah untuk mencari lansia yang tidak bisa dan terkendala untuk menerima vaksin. Hal tersebut bisa disebabkan karena penyakit bawaan yang diderita lansia.

“Jadi kami sangat berhati-hati tentunya. Data akan diupgrade lagi, dari total enam ribu tersebut berapa orang yang masih bisa divaksin,” jelasnya. Ia mengakui target vaksinasi lansia tidak bisa berjalan 100 persen. Kendati demikian diharapkan capaian bisa lebih maksimal dari capaian yang sudah ada saat ini.

“Kami upayakan secepatnya pendataan, dan pelaksanaan vaksinasi lansia ini. Kalau 100 persen tak bisa jika ada lansia yang terkendala untuk divaksin,” imbuhnya. (*)

Reporter : YULITAVIA
Editor : tunggul