ubahlaku

Dinkes Batam Data Anak 6-11 Tahun Penerima Vaksin

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi. ( F Dalil Harahap/Batam Pos)

batampos.id– Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam akan mendata total anak usia 6-11 tahun yang akan mendapatkan vaksinasi. Pemerintah berencana melakukan vaksinasi kepada anak-anak yang duduk di bangku kelas 1-5 sekolah dasar (SD).

Kepala Dinkes Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan pemerintah berencana melanjutkan program vaksinasi kepada anak-anak. Sebelumnya vaksin sudah diberikan kepada anak usai 12-17 tahun.

BACA JUGA: Batam Maksimalkan Vaksin untuk Lansia

Untuk penyediaan data nanti akan dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Batam. Berdasarkan informasi pelaksanaan akan digelar awal tahun 2022 mendatang.

“Kalau data tidak ada masalah. Kemarin kami sudah minta ke Disdukcapil, tapi katanya nanti akan dikirim. Mungkin lagi finalisasi data untuk anak usia 6-11 tahun ini,” sebutnya, Jumat (5/11).

Didi mengatakan jenis vaksin yang rencananya akan diberikan kepada pelajar SD tersebut adalah vaksin jenis Sinovac. Ini merupakan kabar baik, bahwa saat ini vaksinasi Covid-19 penting bagi anak, karena sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka

Meski saat ini tren kasus Covid-19 terus menurun, bukan berarti pandemi berakhir. Untuk itu, perlu perlindungan kepada anak-anak untuk mendapatkan vaksinasi, agar Herd Immunity semakin baik. Sehingga bisa mampu bertahan dari serangan virus Covid-19.

“Penyebaran virus kepada anak itu ada. Dan mereka juga memiliki interaksi dengan orangtua. Sehingga harus dan perlu perlindungan dalam tubuh mereka, agar bisa menangkis serangan virus,” bebernya.

Selain itu, vaksinasi menjadi salah satu syarat dalam perjalanan baik darat, laut maupun udara. Sehingga perlu rasanya anak-anak untuk mendapatkan vaksin. ” Semoga bisa terlaksana nantinya, dan orangtua diharapkan mendukung program tersebut, guna menyukseskan vaksinasi anak-anak ini,” terangnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyetujui penggunaan vaksin Sinovac, baik itu CoronaVac dan vaksin Covid-19 Bio Farma, untuk digunakan pada anak usia 6-11 tahun. Persetujuan ini diberikan atas pertimbangan hasil penilaian terhadap aspek efikasi dan keamanannya. (*)

 

Reporter : YULITAVIA
Editor : tunggul