ubahlaku

Kejar Target Vaksinasi Lansia, Pemko Batam Terapkan Metode Door to Door

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengajak seluruh masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19. F. Humas Pemko

batampos.id-Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan vaksinasi lansia akan dilanjutkan dengan metode door to door atau mendatangi rumah lansia yang menjadi sasaran vaksin. Hal ini demi memudahkan lansia dalam mendapatkan vaksin.

BACA JUGA: Batam Maksimalkan Vaksin untuk Lansia

“Ada memang lansia yang kesulitan untuk mendatangi titik-titik vaksinasi, karena kondisi mereka. Untuk itu tim dari Puskesmas akan mendatangi rumah lansia ini, agar mereka bisa divaksin,” kata dia, Jumat (5/11).

Dari data enam ribu lansia yang belum divaksin ini, akan dilakukan pemetaan kesehatan lansia, karena ada di antara mereka yang tidak bisa mendapatkan vaksin karena penyakit bawaan. Tentu lansia dengan kategori ini harus dikeluarkan dari data.

“Mungkin data awal enam ribuan, setelah diklasifikasikan apakan ada berkurang bisa dilihat nanti. Sekarang puskesmas di wilayah Mainland dan hinterland masih bekerja mengelompokkan lansia tersebut,” jelasnya.

Amsakar mengakui capaian vaksinasi lansia Batam cukup tinggi yaitu 70 persen lebih. Angka ini jauh di atas target nasional yaitu 60 persen. Meskipun begitu, pihaknya tetap berupaya meningkatkan jumlah lansia yang tervaksin hingga akhir tahun ini.

“Semampu kita akan upayakan untuk jadi lebih maksimal. Kalau dari enam ribu bisa divaksin 50 persen sudah sangat bagus untuk capaian vaksin lansia,” ujarnya.

Untuk mempercepat vaksinasi lansia, pihaknya juga meminta pihak kelurahan untuk mendata lansia yang belum divaksin di lingkungan mereka. Data tersebut akan digunakan dalam acuan percepatan pelaksanaan vaksin nantinya.

“Kami nanti langsung datangi saja. Kalau di satu kelurahan dan perumahan berdekatan kita juga bisa dirikan sentral vaksin lansia. Kalau mereka tidak bisa datang kami akan door to door lah,” sebutnya. (*)

Reporter : YULITAVIA
Editor : tunggul