ubahlaku

Covid 19 Melandai, Optimis Pariwisata Bangkit

covid melandai, ekonomi dan pariwisata bangkit

batampos.id– Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Acmad mengatakan saat ini kasus Covid-19 di Batam sudah jauh melandai. Ia pun memotivasi Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Batam untuk terus semangat, serta optimisme bahwa pariwisata akan bangkit.

“Alhamdulillah, saat ini Covid-19 di Kota Batam sudah melandai. Namun, kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan,” kata Amsakar saat menghadiri pelantikan pengurus DPC HPI Kota Batam di Hotel Travelodge.

Menurut dia, seiring menurunya jumlah kasus Covid-19, tentu diharapkan sektor pariwisata dapat segera kembali bangkit. Pasalnya selama ini pariwisata berkontribusi besar dalam mendorong pergerakan ekonomi Batam.

“Pariwisata sangat berkontribusi untuk pendapatan di Kota Batam. Karena itu, semua harus optimis bangkit dimasa pandemi ini,” tegas Amsakar.

Hal ini lah yang mendasari Pemko Batam terus gencar mempromosikan dan mengembangkan pariwisata. Karena jika pariwisata berkembang, dampaknya dapat menggerakan sektor ekonomi masyarakat.

“Contoh saja jika wisatawan datang ke Batam. Dari bandara pasti keluar uang bayar taksi, kemudian ke hotel pasti ke luar lagi uangnya, kalau lapar pasti makan di restoran. Jadi dampaknya memang luar biasa,” katanya.

Selanjutnya pada Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), sektor pariwisata juga memberikan kontribusi yang sangat besar di Kota Batam.

“Dalam APBD misalnya, Pajak Hotel dan Restoran itu berada pada urutan empat dan lima penyumbang pendapatan. Karena itulah kenapa sektor pariwisata ini sangat penting,” ujarnya.

Selama acara pelantikan berlangsung, seluruh peserta dan tamu undangan diwajibkan tetap memakai masker dan menjaga jarak. Karena itu, setiap kursi yang ada di lokasi acara diberi jarak agar tamu dan peserta tidak berdekatan. (*)

Reporter: Yashinta
editor: tunggul