ubahlaku

RT dan RW Diminta Lapor Warga Belum Divaksin

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat meresmikan posko PPKM beberapa waktu lalu

batampos.id – Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad meminta pengurus RT dan RW berkoordinasi dengan Pukesmas atau Kelurahan setempat. Koordinasi itu dimaksud untuk melaporkan jika ada warganya masih belum divaksin Covid-19.

“Kalau ada warga yang belum divaksin, harap dilaporkan ke pukesmas atau Kelurahan,” ujar Amsakar saat bersilaturahmi dengan RT/RW, LPM, PKK, Posyandu dan Tokoh Masyarakat di Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Minggu ( 21/11).

Berdasarkan hasil survei herd immunity yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, sebanyak 90,17 persen masyarakat Batam telah memiliki imun terhadap serangan Covid-19.

“Masyarakat yang sudah memiliki imunitas tubuh yang kuat tersebut, mayoritas adalah kelompok yang sudah menjalani vaksinasi dosis pertama dan kedua,” kata Amsakar.

Sementara 10 persen lainnya, memiliki imunitas tubuh, tapi tidak kuat. Mereka ini adalah kelompok masyarakat yang baru mendapat vaksin dosis pertama.

“Kemudian sisanya sekitar 9 persen yang tidak memiliki imun adalah kelompok masyarakat lansia, anak-anak dan yang belum mendapatkan vaksin,” jelasnya.

Hal inilah yang menyebabkan Pemko Batam terus mendorong masyarakat yang belum divaksin agar segera divaksin. Sehingga imun tubuhnya terbangun dan dapat mencegah penyebaran Covid-19.

“Karena itu Pak RT dan RW, jika masyarakatnya belum vaksin mohon untuk didorong segera vaksin,” katanya. Hasil survei yang dilakukan Pemko Batam tersebut juga telah dikirimkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Batam juga sudah sangat siap membuka pintu bagi wisatawan mancanegara,” katanya. (*)

Reporter: Yashinta

editor: tunggul