Pro Kepri

Di Karimun Pengidap HIV 790 Orang dan AIDS 234 Orang

Kadinkes Karimun, Rachmadi

batampos.co.id- Pengidap HIV-AIDS di Kabupaten Karimun tahun ini mengalami penambahan. Khususnya sejak Januari sampai dengan November. Jumlahnya 50 kasus baru untuk HIV dan 5 kasus baru untuk AIDS.

BACA JUGA: Tiga Tahun Karimun Bebas dari Penyakit Malaria
”Penambahan kasus baru memang ada tahun ini. Namun tidak sebanyak pada tahun-tahun sebelumnya. Dari 8.233 sampel testing yang dilakukan di berbagai klinik VCT di daerah kita, 50 orang dinyatakan positif HIV. Jumlah tambahan ini lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang jumlahnya 66 kasus,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Rachmadi, Rabu (1/12).

Sementara itu, lanjut Rachmadi, untuk tambahan kasus HIV ke AIDS tahun ini hanya bertambah 5 kasus saja. Sedangkan, pada tahun lalu tambahannya 19 kasus. Selain itu, untuk kasus kematian tahun ini tidak ada. Tapi, pada tahun lalu jumlah kematian ada satu kasus. Secara komulatif jumlah keseluruhan kasus HIV di Kabupaten Karimun sejak dilakukan pendataan pada 2014 sebanyak 790 kasus. Dan untuk AIDS ada 234 kasus.

”Meski terdapat penambahan kasus HIV/ AIDS pada tahun ini, namun jika dilihat dalam kurun waktu empat tahun mengalami penurunan. Khususnya, sejak 2018 kasus HIV itu sampai 116 kasus baru dan untuk AIDS 60 kasus. Pada 2019 kasus baru HIV menurun menjadi 77 dan AIDS menurun 33 kasus. Di 2020 juga penambahan kasus,” paparnya.

Dikatakannya, penurunan juga terjadi pada tahun lalu. Penambahan kasus HIV baru pada 2020 itu 66 dan kasus AIDS 19. Dengan terjadinya penurunan kasus HIV/AIDS dalam empat tahun terakhir menunjukkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Karimun sudah tinggi untuk memeriksakan diri. (*)

Reporter: Sandi