Metropolis

Masyarakat Diminta Waspadai Cuaca Sepanjang Desember

Ilustrasi. Awan hitam menyelimuti kawasan Batam Center. BMKG memprediksi dalam beberapa hari kedepan Kota Batam akan diguyur hujan. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

batampos.co.id – Kota Batam memasuki periode hujan tertinggi. Berdasarkan data klimatologi BMKG, setiap November dan Desember intensitas serta potensi hujan meningkat, dibandingkan bulan-bulan lainnya. Sehingga, hal ini perlu diwaspadai masyarakat.

Kepala Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam, Suratman, mengatakan fenomena ini sesuatu yang wajar. Tapi perlu diwaspadai masyarakat. “Ada potensi terjadi cuaca ekstrem,” kata Suratman, Kamis (2/12).

Masyarakat, kata Suratman dapat mewaspadai perubahan cuaca mendadak. Sebab, perubahan cuaca memberikan dapat terhadap gelombang laut. Ia berharap masyarakat yang beraktivitas di laut, menghindari kegiatan pelayaran, jika ada wilayah yang sedang terdampak gelombang tinggi.

Masyarakat juga diminta menghindari daerah yang rentan mengalami benacana, seperti lerang yang rawan longsor, kawasan yang pohon yang mudah tumbang serta di tepi pantai.

“Waspadai potensi dampak seperti banjir bandang, banjir pesisir, tanah longsor terutama di daerah yang rentan. Saya harap stakeholder terkait untuk terus mengintensifkan koordinasi, dalam rangka antisipasi bencana hidrometeorologi,” ungkapnya.

Suratman mengatakan BMKG pusat mengeluarkan peringatan untuk beberapa daerah yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Kepulauan Riau termasuk salah satu daerah, yang diperkirakan berpotensi hujan lebat dari Kamis (2/12) hingga Sabtu (4/12).

“Masyarakat yang berada di wilayah perairan Bintan, berhati-hati ada potensi gelombang setinggi 2 meter. Lalu di Anambas, gelombang setinggi 4 meter dan Natuna gelombang setinggi 6 meter,” ucapnya. (*)

Reporter: FISKA JUANDA