Metropolis

Sampel PMI Masih Mendominasi di BTKLPP

Petugas BTKLPP Batam saat memeriksa sampel covid beberapa waktu lalu. F.Dalil Harahap

batampos.co.id – Sampel pemeriksaan Covid-19 yang masuk ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam fluktuatif diangka 400 hingga 500 sampel perhari, sepekan belakangan ini.

Sampel-sampel ini didominasi oleh sampel Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang menjalani karantina di rusunawa Badan Pengusahaan (BP) dan Pemko Batam di Tanjunguncang.

Data yang diterima Batam Pos, jumlah sampel PMI terbanyak masuk pada tanggal 27 September lalu yakni sebanyak 505 sampel. Dari 505 sampel ini ada 14 orang yang dinyatakan positif dan harus menjalani perawatan medis di rumah sakit.

Sampel terbanyak kedua terjadi pada tanggal 24 September yakni sebanyak 484 sampel. Dari 484 sampel ini yang positif Covid-19 ada 11 orang.

“Masih stabil diangka 400 hingga 500 sampel tapi didominasi sampel PMI. Yang dari masyarakat umum (Kota Batam) sedikit. Paling 5 sampai 10 sampel perhari. Yang positif juga sangat sedikit. Untuk Kota Batam rekapan selama sepekan terakhir yang dinyatakan positif cuman empat orang,” kata TU BTKLPP Batam Ismail.

Sampel-sampel yang masuk ini tetap jadi prioritas pihak BTKLPP untuk dicek secara teliti. Untuk sampel PMI yang dinyatakan positif akan dipisahkan dengan sampel positif lainnya dari masyarakat kota Batam. Sampel PMI ini akan diteliti lagi demi memastikan varian dari Covid-19 yang dibawa oleh PMI yang bersangkutan.

“Untuk pemeriksaan sampel berjalan dengan normal. Tak ada kendala sampai saat ini,” ujar Ismail. (*)

REPORTER: EUSEBIUS SARA