Pro Kepri

Apindo Optimis Dunia Industri dan Pariwasata Karimun Berkembang

Alex Ng

batampos.co.id – Pergantian tahun 2021 ke 2022 tidak lama lagi, berbagai harapan masyarakat dan impian ditahun depan sangat banyak. Terutama, terhadap pertumbuhan ekonomi, mulai dari pelaku UMK, pengusaha perhotelan dan restoran, dunia industri dan sebagainya. Salah satunya dari Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Karimun Alex Ng ketika dimintai tanggapannya mengungkapkan, bahwa dirinya sangat optimis ditahun 2022 mendatang akan dunia industri dan pariwisata di Karimun berkembang.

BACA JUGA: Pelaksanaan Kalender Pariwisata Tanjungpinang Tergantung Kondisi Pandemi

” Kita harus tetap optimis. Walaupun, saat ini secara berangsur-angsur mulai bergerak ekonomi Karimun, seiring dengan menurunnya angka positif Covid-19 secara Nasional maupun di kabupaten Karimun sendiri,” terangnya, Kamis (2/12).

Dan, pihaknya akan terus berkoordinasi bersama Pemerintah Kabupaten Karimun maupun Pemerintah Provinsi Kepri agar mendukung para pelaku investor yang akan berinvestasi di kabupaten Karimun. Selain itu dukungan dari masyarakat, tokoh masyarakat, ormas agar sama-sama mendukung bagi para investor yang telah berinvestasi maupun yang sudah berinvestasi.

” Kunci utamanya, dukungan semua pihak. Nah, anda bisa lihat sendiri investor yang sudah beroperasi di Karimun masih bertahap dan secara otomatis bisa menyerap tenaga kerja,” tuturnya.

Dengan terjaganya kondusif didaerah kabupaten Karimun ini, kata Alex Ng ia sangat yakin ditahun 2022 nanti pertumbuhan ekonomi mulai merangka naik. Sehingga, sangat berdampak terhadap dunia industri, pariwisata yang akan berkembang. Dan, secara otomatis bisa mendongkrak para pelaku UMKM yang berjualan.

” Salah satunya, dunia perhotelan sekarang sudah lumayan kunjungan tamu-tamu yang nginap dan berkeliling di Karimun,” ungkapnya.

Disisi lain lanjut Alex Ng lagi, diharapkan kepada para supir-supir ketika menyambut tamu agar tetap memberikan pelayanan yang sangat prima dan ramah kepada tamu saat mengantar tamu ke hotel maupun restoran. Kemudian, bagi pelaku restoran maupun rumah makan agar harga makanan jangan terlalu mahal ketika melihat orang yang tidak dikenal.

” Nah, untuk pelaku kuliner sendiri paling penting harganya harus standarlah. Jangan mahal-mahal, nanti bisa jadi bahan pembicaraan bagi tamu-tamu. Secara otomatis tamu-tamu dari luar tidak akan datang ke tempat restoran atau kuliner,” harapnya.

Sementara itu Hartono salah satu pelaku UMKM sangat mendukung sekali apa yang disampaikan oleh Ketua Apindo Karimun terhadap perkembangan ekonomi di Karimun di tahun 2022. Sehingga, berdampak terhadap pelaku UMKM itu sendiri untuk terus membuat inovasi dan kreativitas suatu produk UMKM.

” Saya selaku pelaku UMKM dibidang kuliner yaitu kerupuk Atom, tetap optimis menyambut pergerakan ekonomi ditahun 2022 nanti. Paling penting dorongan dari pemerintah daerah harus ada dan nyata. Termasuk pihak perbankan,” ucapnya.(*)

Reporter: Tri Haryono