Pro Kepri

ASN Pemko Tanjungpinang Resmi Dilarang Cuti dan Mudik saat Nataru

Rahma

batampos.co.id– Wali Kota Tanjungpinang keluarkan Surat Edaran (SE) Nomor : 850/ 1436/ 4.2.03/ 2021 tentang pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah dan cuti bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkungan Pemko Tanjungpinang selama periode natal 2021 dan tahun baru 2022 (nataru).

BACA JUGA: Kepri siap Terapkan PPKM Level 3 di Nataru

Dalam SE yang terbit pada Selasa (30/11) kemarin itu, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menyampaikan berdasarkan SE Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 13 tahun 2021 dan SE nomor 26 tahun 2021 bahwa ASN dilarang mengambil cuti dan bepergian ke luar daerah pada pekan yang sama saat libur nasional, baik sebelum ataupun sesudah serta dilarang mudik.

“Selama hari raya natal dan libur tahun baru. Sejak 20 Desember hingga 2 Januari 2022,” kata Rahma, Kamis (2/12).

ASN yang berdomisili dan bekerja di Instansi yang berlokasi di dalam suatu wilayah aglomerasi yang melaksanakan tugas kedinasan seperti ke Kabupaten Bintan akan mendapat pengecualian dari SE tersebut. Kemudian pegawai yang akan melaksanakan perjalanan keluar daerah untuk urusan kedinasan harus dilengkapi surat perintah tugas.

“Harus ditandatangani oleh pejabat pimpinan tinggi pratama atau eselon II atau kepala unit kerja,” paparnya.

Pegawai yang dalam keadaan terpaksa perlu melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah harus mendapat izin tertulis dari atasan atau pejabat berwenang. Tidak hanya itu, pejabat yang yang diberi kewenangan sesuai ketentuan tidak memberi izin cuti untuk pegawai pada tanggal selama periode natal dan tahun baru (Nataru).

“Kecuali cuti melahirkan, cuti sakit atau alasan penting pegawai lainnya,” papar Rahma dalam SE.

Pimpinan Organisasi Perangkat Dinas (OPD) harus memastikan agar ASN tidak melakukan kegiatan bepergian ke luar daerah. Apabila ada yang melanggar yang bersangkutan akan dikenakan sanksi disiplin. (*)

Reporter: Peri Irawan