Ekonomi & Bisnis

Dukung Kegiatan Media Gathering Hadirkan BMW X3 xDrive30e

Kegiatan Media Gathering PT Bridgestone Tire Indonesia di Proving Ground Karawang, Kamis (2/12). f. BMW Indonesia

batampos.co.id – BMW Indonesia dukung kegiatan Media Gathering dari PT Bridgestone Tire Indonesia dengan hadirkan BMW X3 xDrive30e di Proving Ground Bridgestone, Karawang. Kendaraan Plug-in Hybrid ini merupakan kombinasi unik dari BMW xDrive all-wheel drive yang cerdas dan teknologi BMW eDrive yang inovatif, hadirkan kenikmatan berkendara yang fokus pada sustainability. Para peserta yang hadir dapat langsung mencoba kendaraan inovatif ini secara langsung di fasilitas pengujian ban milik PT Bridgestone Tire Indonesia tersebut.

“BMW Indonesia berkomitmen untuk mendukung kegiatan para mitra strategisnya, salah satunya adalah PT Bridgestone Tire Indonesia. Untuk itu kami sangat senang dapat hadirkan pengalaman berkendara dengan kendaraan Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV), yaitu BMW X3 xDrive30e M Sport. Kendaraan ini hadir dengan teknologi state-of-the-art dalam hal sistem penggerak BMW xDrive dan BMW eDrive technology. Kombinasi mesin bensin 2.0L dan motor elektrik menghasilkan tenaga dan efisiensi terbaik di segmen premium Sport Activity Vehicle dan menghasilkan tenaga 292hp dan torsi 420Nm,” ujar Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.

BMW X3 xDrive30e M Sport menggabungkan kualitas khas dari SAV dengan teknologi penggerak yang sangat efisien. Kendaraan Plug-in Hybrid BMW hadir dengan pengendalian yang dinamis, karakteristik berkendara sporty, dan serba bisa.

Ditambah dengan interior yang serbaguna, kualitas premium, dan konektivitas yang canggih. Sistem BMW xDrive-nya secara permanen mendistribusikan torsi penggerak antara roda depan dan belakang sesuai kebutuhan –bahkan saat berkendara murni dengan tenaga listrik– untuk memastikan karakteristik berkendara yang sporty di jalan raya dan performa off-road yang unggul di medan yang sulit. Tenaga penggerak dihasilkan oleh mesin bensin 4 silinder 2.0 liter, 184 hp dengan teknologi BMW TwinPower Turbo dan motor listrik yang terintegrasi ke dalam transmisi Steptronic 8-percepatan dengan output puncak 109 hp.

Bersama-sama kedua unit penggerak memobilisasi output sistem sebesar 292 hp. Torsi sistem maksimum drive hibrida plug-in adalah 420 Nm. Hal ini memungkinkan BMW X3 xDrive30e M Sport untuk berakselerasi dari nol hingga 100 km/jam dalam 6,1 detik. Kecepatan tertingginya adalah 210 km/jam.

Tergantung pada mode operasi dan situasi di jalan, motor listrik BMW X3 xDrive30e baru dapat digunakan baik untuk mobilitas listrik murni atau untuk mendukung mesin pembakaran. Dalam mode MAX eDrive, yang dapat diaktifkan melalui tombol eDrive di konsol tengah, BMW X3 xDrive30e dengan generasi motor listrik terbaru ini dapat mencapai kecepatan tertinggi 135 km/jam dengan unit penggerak yang bebas emisi dan hampir senyap. Dalam pengaturan Auto eDrive standar, pengendaraan listrik murni dimungkinkan pada kecepatan hingga 110 km/jam. Mesin pembakaran hanya menyala pada kecepatan yang lebih tinggi atau ketika ada kebutuhan beban yang sangat tinggi.

BACA JUGA: Airlangga Hartarto Resmi Membuka GIIAS 2021

Saat kedua unit penggerak aktif, efisiensi BMW X3 xDrive30e baru dioptimalkan, begitu juga dengan kapasitas sprintnya. Saat berakselerasi, pengembangan daya spontan motor listrik terlihat jelas, sementara pada kecepatan konstan bantuan listriknya mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi. Dukungan motor listrik memastikan bahwa mesin pembakaran dapat berjalan dalam rentang beban yang dioptimalkan dan efisien.

Pengaturan Battery Control yang tersedia juga berfungsi untuk menjaga status pengisian baterai tegangan tinggi pada target yang ditentukan oleh pengemudi. Dengan cara ini, suplai tenaga dapat secara khusus dicadangkan dan digunakan untuk mengemudi bebas emisi di jalan perkotaan selama perjalanan yang lebih panjang.

“Saat ini BMW X3 xDrive30e M Sport masih difokuskan untuk keperluan penelitian seputar kendaraan listrik. Selain itu, juga digunakan untuk mendukung industri otomotif Indonesia. BMW X3 xDrive30e M Sport merupakan Safety Car dari Pertamina Mandalika International Street Circuit. Saat ini juga digunakan untuk mendukung kegiatan dari para mitra strategis BMW seperti yang dilakukan pada hari ini,” tutup Jodie. (*)

Reporter: JP Group