Ekonomi & Bisnis

Isi BBM di SPBU Bisa Bayar Pakai Smartphone

Salah satu pelanggan melakukan transaksi pembayaran BBM menggunakan aplikasi MyPertamina. f. dok. Pertamina

batampos.co.id – PT Pertamina (Persero) buka suara terkait penggunaan pembayaran melalui aplikasi MyPertamina di SPBU. Seperti diketahui, masyarakat selama ini dilarang menggunakan ponsel di area SPBU karena alasan keamanan dan keselamatan.

Corsec Subholding Comercial and Trading Pertamina, Irto Ginting, mengatakan, perseroan juga telah mempertimbangkan aspek keamanan dan keselamatan terkait penerapan tersebut. Sehingga, titik penggunaan pembayaran melalui ponsel juga ditentukan letaknya.

“Titik pemakaian untuk pembayaran cashless sudah ditentukan tempatnya,” kata Irto kepada JP Group, Sabtu (4/12).

Irto mengungkapkan, larangan penggunaan ponsel dan kamera di SPBU sifatnya menghindari pemggunaan yang tidak bertanggung jawab dan dapat menimbulkan percikan api. Sehingga, terdapat beberapa aturan dalam penggunaan pembayaran cassless.

“Ponsel bisa digunakan di jarak aman sekitar satu meter dari dispenser alat pompa bensin, dan ketinggian 1,5 meter dari lantai. Kamera bisa digunakan juga di jarak aman tersebut. Harus dipastikan tidak boleh mengaktifkan flash kamera,” jelasnya.

BACA JUGA: Dukung Kegiatan Media Gathering Hadirkan BMW X3 xDrive30e

Irto menegaskan, operator SPBU sudah dilatih mengenai cara aman bertransaksi menggunakan MyPertamina di area SPBU selain EDC kartu kredit ataupun kartu debit di area SPBU.

“Kawan-kawan kami, para operator SPBU, sudah dilatih mengenai cara aman bertransaksi menggunakan MyPertamina dan masing-masing dari kita bisa dipastikan aman. Jangan takut ya, transaksi pakai handphone di area SPBU. Asal kita patuhi batasan-batasannya,” pungkasnya. (*)

Reporter: JP Group