Metropolis

Jelang Nataru Belum Ada Penambahan Penerbangan

Aktivitas penerbangan di Bandara Hang Nadim belum lama ini. F. Peri

batampos.co.id – Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) masih belum ada peningkatan arus penumpang. Maskapai pun, juga belum ada meminta penambahan frekuensi penerbangan.

General Manager BUBU Hang Nadim, Bambang Supriono mengatakan tidak ada pergerakan jumlah penumpang maupun penerbangan.

“Masih sama, rata-rata sehari penerbangan 60 flight seharinya. 30 pesawat datang dan 30 pesawat berangkat,” kata Bambang, Minggu (5/12).

Ia mengatakan maskapai hanya memuat penumpang sesuai kapasitas penerbangan yang mereka jalani saat ini. Hal ini disebabkan animo masyarakat, untuk menggunakan tranportasi udara belum ada kenaiakan.

“Sejauh ini (maskapai) masih anteng saja. Jadi begini, jika ada lonjakan, dengan penerbangan yang dilayani maskapai tidak pernah penuh. Jadi (jika ada lonjakan), masih cukup dengan (jumlah penerbangan) pesawat yang ada,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa untuk jelang Nataru, Bandara Hang Nadim sudah siap. Segela sesuatu ataupun prosedur kebandaraan maupun Covid-19 sudah dipersiapkan. Bambang mengatakan untuk membahas arus penumpang jelang Nataru ini, Bandara Hang Nadim akan menggelar rapat internal dan eksternal.

“Secara persiapan, kami siap. Sebab tahun lalu kami juga melayani penerbangan saat Nataru. Namun, perlu ada rapat dulu. Nanti akan saya sampaikan bagaiman hasilnya,” ujarnya.

Ia mengatakan salah satu item pengawasan Nataru adalah posko bersama. Lalu, juga ada posko dari instansi terkait lainnya dan posko internal Bandara Hang Nadim.

Saat ditanya harga tiket, Bambang mengaku hal itu kewenangan dari pihak maskapai. “Wahh saya tak bisa jawab itu,” ucapnya.

Batam Pos mencoba mengecek dilaman penjuakan tiket online. Penerbangan dari Batam ke Padang, dari 6 sampai 26 Desember, tiket paling murah dijual Rp500 ribuan hingga Rp900 ribu. Tiket Batam-Medan bervariasi, setiap harinya meningkat terus.

Tiket tanggal 6 sampai 14 Desember paling murah dijual Rp500 ribuan, lalu 15-17 Desember paling murah dijual Rp600 ribuan, 18 sampai 23 Desember dijual Rp900 ribuan dan 25 hingga 31 Desember paling murah Rp500 ribuan.

Tiket Batam ke Jakarta dari 6 sampai 31 Desember paling murah dijuak Rp600 ribu hingga Rp700 ribu. Batam ke Pontianak Rp900ribuan, Batam ke Surabaya Rp900 ribuan dan Batam ke Pekanbaru Rp300 ribuan. (*)

Reporter : FISKA JUANDA