Sport

Terlalu Banyak Penalti, Max Verstappen Kritik F1

batampos.co.id – Pemimpin klasemen pembalap Formula 1 2021 Max Verstappen mengkritik keras F1 yang saat ini lebih banyak mengutakaman sanksi atau penalti ketimbang mempertimbangkan esensi balapan itu sendiri.

Verstappen dijatuhi dua kali penalti sepanjang balapan GP Arab Saudi dinihari tadi. Total, pembalap Red Bull tersebut terkna penalti 15 detik.

Pertama, 5 detik untuk manuvernya bertahan dari serangan Hamilton di tikungan 1 dengan mengambil jalur luar trek dalam perebutan pimpinan lomba.

Kontroversi tidak berhentin di sana. Penalti juga dijatuhkan kepada Verstappen saat dia diduga melakukan pengereman mendadak ketika harus mengembalikan posisi pimpinan balapan kepada Hamilton.

Bintang Red Bull Max Verstappen saat akan naik ke podium GP Arab Saudi di Jeddah Corniche Circuit in Jeddah. (ANDREJ ISAKOVIC / AFP / POOL)

Akibat pengereman mendadak itu membuat Hamilton menabrak bagian belakang mobil Verstappen dan sayap kanan depan mobilnya rusak.

Pengawas balapan memanggil kedua pembalap sesuai balapan. Lalu diputuskan bahwa Verstappen bersalah. Dan dijatuhi penalti 10 detik. Selain itu, dia juga dijatuhi dua penalti poin pada super license-nya.

Baca Juga: Hasil Balapan F1 GP Arab Saudi, Poin Hamilton-Verstappen Setara

Verstappen yang terpilih sebagai driver of the day (DOTD) melontarkan kritik. ”Untungnya, fans melihat lebih jelas apa yang terjadi. Karena hari ini situasinya sangat-sangat berbeda,” ujarnya dilansir Crash.

”Aku hanya berusaha membalap dan olahraga ini, akhir-akhir ini, lebih sering diisi dengan penalti dan penalti ketimbang balapan. Bagiku, ini bukan Formula 1. Tapi setidaknya, fans menikmatinya,” tambahnya.

”Aku memberikan segalanya hari ini dan tapi tidak cukup cepat (untuk menang). Tapi aku tetap senang finis di posisi kedua,” tandasnya.

Tentang tuduhan melakukan pengereman mendadak itu Verstappen menjelaskan: ”Aku menurunkan kecepatan, aku ingin memberikan ruang kepadanya (Hamilton) untuk melewatiku. Jadi aku mengarahkan mobilku ke kanan,”

”Tapi ternyata dia tidak mau menyalipku dan akhirnya terjadi tabrakan,” terangnya.

”Aku benar-benar tidak paham apa yang terjadi di sana,” tandasnya.

Verstappen mengaku tidak yakin jika bannya juga cukup kuat untuk menjaga posisinya di depan.

”Banyak hal yang aku tidak aku sepakati hari ini. Tapi itulah yang terjadi,” keluhnya.

Meski terkena dua kali penalti, Verstappen tetap finis di posisi kedua di Jeddah. Namun, kini poinnya berhasil disamakan oleh rivalnya Hamilton.

Itu membuat penentuan gelar juara dunia F1 2021 akan diputuskan di balapan terakhir di Abu Dhabi 12 Desember. (*)

Reporter: JPgroup