Pro Kepri

Pelaku UMKM di Karimun mulai Dapat Pinjaman Tanpa Bunga dari Bankriaukepri

Empat pelaku UMKM mendapatkan bantuan kredit subsidi dari Pemprov Kepri foto bersama dengan Gubernur Kepri Ansar Ahmad, Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Kepala Bankriaukepri cabang Tanjung Balai Karimun Abdul Rohim. f,BANKRIAUKEPRI

batampos.co.id- Dalam rangka pemulihan ekonomi Kepri, dengan memberdayakan Usaha Kecil mikro dan Menengah (UMKM) Gubernur Kepri Ansar Ahmad didampingi Bupati Karimun Aunur Rafiq Sabtu (4/12) lalu menyerahkan secara simbolis kepada empat orang perwakilan pelaku UMKM penerima program pinjaman luna tanpa bunga (subsidi bunga) dari Bankriaukepri.

BACA JUGA: Pemprov Kepri Dapatkan Pinjaman Lunak Rp 180 M

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kepri menyampaikan bahwa pelaku UMKM dinilai memang menjadi sektor real industri yang bisa menjadi tolak ukur maju atau mundurnay perekonomian daerah. Dan, diharapkan pelaku UMKM menangkap peluang dan selalu mengikuti perkembangan. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi di era industri 4.0.

” Saya pesan kepada pelaku UMKM di Karimun, agar bisa menyesuaikan diri dalam perkembangan teknologi di era industri 4.0. Sehingga, bisa terwujud masyarakat yang sejahtera dan terus dapat mengembangkan UMKM-UMKM di Karimun nantinya,” ucapnya.

Sedangkan, salah seorang perwakilan penerima program Harzali menuturkan, dengan dicanangkan program pinjaman lunak tanpa bung dari Pemerintah Provinsi Kepri untuk pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kepri mulai dilaksanakan Desember 2021. Sangat terbantu dalam modal usaha, yang diharapkan program tersebut dapat berkelanjutan dan jangan hanya dari Pemerintah Provinsi Kepri saja akan tetapi dari Pemerintah kabupaten Karimun.

” Alhamdulillah, bisa saya menambah modal usaha kerupuk tenggiri. Dan, program pinjaman lunak subsidi bunga dari Pemprov Kepri sangat-sangat terbantu sekali dalam pemenuhan modal usaha,” ungkapnya, Senin (6/12).

Sementara itu pimpinan PT Bankriaukepri cabang Tanjung Balai Karimun Abdul Rohim ketika dikonfirmasi batampos mengungkapkan tentang subsidi bunga yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepri dalam bantuan bagi pelaku UMKM. Dimana, Bankriaukepri saat ini sangat konsen terhadap pelaku usaha mikro di kabupaten Karimun. Sehingga, upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Kepri juga sangat membantu para pelaku usaha mikro.

” Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kepri atas dukungan bagi pelaku UMKM di kabupaten Karimun. Bagi pelaku UMKM yang belum mendapat kesempatan program kredit yang bersubsidi dari Pemerintah harap bersabar dahulu. Sebab, saat ini untuk program pinjaman KUR Bankriaukepri sudah melebihi kuota yang ditetapkan,” terangnya.

Lanjut Doel panggilan akrabnya, mudah-mudahan bisa juga diikuti oleh Pemerintah daerah kabupaten/jkota se Provinsi Kepri. Sehingga, program pinjaman lunak tanpa bunga yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Kepri ini, merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak dan meningkatkan ekonomi Kepri di masa pandemi Covid-19 terutama melalui sektor UMKM.

” Insya allah, ekonomi di Kepri segera bangkit. Termasuk di kabupaten Karimun dengan didukung berbagai indikator-indikator yang telah ada saat ini,” ucapnya. (*)

Reporter: Tri Haryono