Pro Kepri

Pembangunan Bandara Raja Haji Abdullah Karimun Terus Digesa

batampos.co.id- Belum lama ini Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Kepri berkomitmen akan terus mendorong kelanjutan pembangunan bandara Raja Haji Abdullah (RHA). Ia menyampaikan, bahwa perpanjangan run way bandara RHF Karimun pada tahun 2022 Pemerintah Provinsi Kepri telah mengalokasikan Rp10 miliar untuk pembebasan lahan arah ke laut.

” Insyallah, tahun 2023 akhir atau tahun 2024 nanti bandara RHA Karimun bisa didarati oleh pesawat narrow-body boing 737. Supaya ada dark play dari Karimun langsung ke Jakarta maupun ke daerah lainnya,” terangnya.

BACA JUGA: Tarik Investasi ke Karimun, Gubkepri Gesa Pembangunan Landasan Bandara

Dengan bisa didarati oleh pesawat narrow-body boing 737 di bandara RHA Karimun, sebagai salah satu syarat Karimun untuk maju dan menarik investasi yang lebih besar lagi. Sehingga, pihaknya bersama Bupati Karimun Aunur Rafiq terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat untuk pembangunan infrastruktur yang dibiayai oleh APBN.

” Tahun depan kita juga telah alokasikan Rp10 miliar workshop untuk pembangunan workshop tenaga kerja. Dan, peralatannya dibantu oleh Pemerintah Pusat untuk memenuhi pasar kerja yang terus berkembang industri maritim,” ungkapnya.

Bandara RHA pada tahun 2021, ada penambahan panjang run way sepanjang 100 meter di sisi laut.f.TRI HARYONO

Sementara itu Kepala Bandara Raja Haji Abdullah (RHA) Fanani Zuhri ketika dikonfirmasi batampos, Selasa (7/12) mengatakan pengerjaan perpanjangan run way bandara RHA 100 meter hingga sekarang sudah mencapai 90 persen disisi laut.

” Ditargetkan akhir tahun ini selesai 100 persen. Dan, tahun depan direncanakan akan ditambah lagi perpanjangan run way RHA secara bertahap,” jawabnya.

Terpisah, Sekretaris Dinas Perhubungan Karimun Alpian mengungkapkan, bahwa Pemerintah kabupaten Karimun siap berkolaborasi dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Kepri dalam mempercepat pembangunan run way bandara RHA.

” Jadi tahun ini, run way bandara RHA sudah 1500 meter. Dan, secara bertahap terus dilakukan perpanjangan hingga 2000 meter. Tahun 2022 pembebasan lahan, ditambah perluasan run way yang belum pasti berapa panjang run way sisi laut,” terangnya.

Masih kata Alpian lagi, ditahun 2023 nantinya akan dilanjutkan penambahan run way disisi darat sepanjang 400 meter. Sehingga, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat nantinya.

” Kita dari Pemerintah kabupaten Karimun siap mendukung penambahan run way bandara RHA yang nantinya akan menjadi kebanggaan masyarakat kabupaten Karimun,” ucapnya. (*)

Reporter: Tri Haryono