Metropolis

Peringatan Polisi untuk Para Distributor Sembako

Ilustrasi. Warga memilih cabe dan sembako lainya di pasar murah. Direktorat Reserse Kriminal Khusus akan memantau dan mengawasi stok sembako menjelang Nataru. Polisi juga mengantisipasi terjadinya lonjakan harga selama Nataru.F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Direktorat Reserse Kriminal Khusus  akan memantau dan mengawasi stok sembako menjelang Nataru. Polisi juga mengantisipasi terjadinya lonjakan harga selama Nataru.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Kepri, Kombes Teguh Widodo, mengatakan, sudah meminta jajarannya mempersiapkan diri untuk melakukan pengawasan sembako menjelang dan selama Nataru.

”Saya sudah mewanti-wanti jajaran (Satgas Pangan Polda Kepri), jangan sampai ada kelangkaan bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru. Sebab, jika ada kelangkaan, akan membuat harga menjadi tidak terkendali,” kata Teguh, Senin (6/12/2021).

Demi mengoptimalkan pengawasan sembako, pihaknya akan melakukan rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Rapat ini akan membahas kecukupan stok dan pasokan sembako selama Nataru.

”Tujuan kami agar harga stabil dan stok cukup,” ujarnya.

Selain menggelar rapat, Teguh mengaku akan ada tim Satgas Pangan yang memantau langsung harga-harga sembako.

Tim ini akan turun secara periodik demi memastikan harga sembako tidak melebih ambang batas yang telah ditentukan pemerintah.

”Ini merupakan upaya preventif kami. Tim ini tidak hanya melakukan sidak di pasar, tapi juga melakukan pengecekan bahan pokok di distributor,” ucapnya.

Teguh mengimbau masyarakat supaya jangan terpancing isu-isu hoaks sehingga memicu aksi borong. Ia berharap masyarakat berbelanja sesuai kebutuhan saja.

”Jangan panic buying, kami pastikan stok (sembako) masih aman,” tuturnya.

Kepada para pedagang dan distributor, tidak melakukan penimbunan yang bisa berdampak pada lonjakan harga. Jika ada temuan, pihaknya akan menindak tegas.

”Jangan sampai distributor melakukan hal yang berlawanan dengan hukum. Mari bersama-sama menjaga stok dan harga tetap stabil,” ucapnya.

Reporter: Fiska Juanda