Metropolis

Waspada Banjir Rob di Batam

Anak-anak bermain di air rob atau air luapan dari laut di Tanjunguncang, Batuaji, Minggu (5/12/2021). Selama musim angin utara, masyarakat diingatkan lebih waspada, terutama dengan tinggi gelombang laut. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stamet Klas I Hang Nadim Batam mengeluarkan peringatan dini mengenai banjir rob yang diprediksi akan terjadi di Kota Batam, Provinsi Kepri.

Prakirawan BMKG Klas I Hang Nadim Batam, Aprilia Susilowati, mengatakan, hujan di Kota Batam masih akan terjadi dengan intensitas ringan.

“Arah angin dari Barat Laut-Utara dan kecepatan angin 4-20 knots,” ujarnya, Selasa (7/12/2021).

Ia menjelaskan untuk tinggi gelombang di Kota Batam khususnya di sekitar Pelabuhan Batu Ampar berkisar 0,3 hingga satu meter.

“Pasang maksimum 1 berkisar 3,1 meter dan terjadi pada pukul 12 WIB. Sementara pasang maksimum 2 sekitar 2,8 meter dan terjadi pada pukul 01.00 WIB,” tuturnya.

Dengan adanya fenomena tersebut, pihaknnya mengimbau agar masyarakat yang berada di sekitar pesisir, bantaran sungai dan daerah yang lebih rendah untuk waspada serta siaga guna mengantisipasi pasang maksimum, seperti adanya genangan.

Sementara itu untuk prakirakaan cuaca pada Rabu (8/12/2021) esok hari, berawan dan berpotensi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang hari.

Hal itu kata dia, dikarenakan adanya pola sirkulasi angin tertutup (eddy) di Pulau Kalimantan yang dapat menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan yang signifikan di sekitar wilayah Kepulauan Natuna bagian selatan.

“Kelembapan udara lapisan atas yang cukup basah di wilayah Kep. Riau menyebabkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan. Secara umum kondisi cuaca di Kepulauan Riau esok hari diprakirakan berawan dan berpotensi hujan lokal dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang hari,” jelasnya.

Sedangkan untuk suhu udara di Kota Batam mencapai 31 derajat celcius pada siang hari dan 24 derajat celcius di malam hari.

Sementara kecepatan angin rata-rata 30 kilometer/jam dengan kelembaban udara 65-95 persen.(esa)