Pro Kepri

Aturan Cuti ASN di Nataru masih Menunggu Aturan dari Pusat

Raja Khairani

batampos.co.id– Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tanjungpinang masih menunggu aturan dari pusat terkait izin cuti untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 hari libur natal dan tahun baru (Nataru) dibatalkan.

Kepala BPKSDM Kota Tanjungpinang, Raja Khairani mengatakan untuk aturan cuti bagi ASN di Lingkungan Pemko Tanjungpinang pada libur Nataru saat ini masih menunggu aturan selanjutnya dari pusat, sehingga untuk sementara tetap berpedoman aturan sebelumnya.

“Memang belum ada aturan yang menyesuaikan dengan Pembatalan PPKM level 3,” kata Raja Khairani, Rabu (8/12).

Rani menjelaskan, pihaknya tetap akan mengikuti aturan dari pusat, jika aturan terbaru memberi izin ASN untuk cuti saat libur Nataru pihaknya di daerah juga akan memberlakukan aturan yang sama. “Intinya kita tetap mengikuti arahan dari pusat, kalau pusat mengizinkan, kita di daerah mengikuti saja,” tambahnya.

BACA JUGA: PPKM Nataru, UMKM Tetap Beroperasi dengan Pengaturan Kapasitas

Sebelumnya Wali Kota Tanjungpinang keluarkan Surat Edaran (SE) Nomor : 850/ 1436/ 4.2.03/ 2021 tentang pembatasan kegiatan bepergian ke luar daerah dan cuti bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkungan Pemko Tanjungpinang selama periode natal 2021 dan tahun baru 2022.

Dalam SE yang terbit pada Selasa (30/11) kemarin itu, Wali Kota Tanjungpinang, Rahma menyampaikan berdasarkan SE Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 13 tahun 2021 dan SE nomor 26 tahun 2021 bahwa ASN dilarang mengambil cuti dan bepergian ke luar daerah pada pekan yang sama saat libur nasional, baik sebelum ataupun sesudah serta dilarang mudik. “Selama hari raya natal dan libur tahun baru. Sejak 20 Desember hingga 2 Januari 2022,” kata Rahma. (*)

Reporter : Peri Irawan