Metropolis

Dinas Kesehatan Kota Batam Luncurkan Sistem Daring Sikammars

Tampilan laman informasi ketersediaan tempat tidur di rumah sakit di Batam. F. Tangkapan Layar Portal si Kamarrs

batampos.co.id – Dinas Kesehatan Kota Batam meluncurkan sistem informasi online ketersedian tempat tidur rumah sakit.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi mengatakan Sistem berbasis daring ini bisa diakses di https://si-kamarrs.batam.go.id.

“Ini juga sebenarnya salah satu upaya kita untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan kasus di akhir tahun. Sistem ini akan memberikan informasi mengenai ketersediaan tempat tidur rumah sakit yang ada di Kota Batam,” ujarnya, Rabu (8/12/2021).

Disampaikan Didi, disitu nanti akan tersedia informasi global ketersediaan tempat tidur rumah sakit, ruang ICU dan isolasi untuk perawatan pasien Covid-19, jika terjadi lonjakan seperti libur lebaran kemarin. Termasuk berapa kapasitas di tiap rumah sakit serta jumlah kapasitas yang telah terisi.

“Sementara memang baru bersifat web based. Untuk aplikasi androidnya sudah kami minta Kominfo untuk menggarapnya,” ungkap Didi.

Dengan web based ini diharapkan masyarakat bisa mencari tahu rumah sakit mana saja yang tersedia di sekitar tempat tinggalnya.

Di situs tersebut juga terlihat jelas rincian dari masing-masing rumah sakit. Lengkap juga dengan google map-nya, semisal bagi orang pertama kali berkunjung ke Kota Batam.

Melalui sistem informasi online ini ketersediaan ruang rawat inap, ICU dan ruang isolasi bagi pasien Covid juga lebih transparan.

Dimana, ketersediaan tempat tidur ini akan di-update setiap hari sebelum pukul 12.00 WIB. Selain itu Kominfo juga akan selalu mengecek apakah update sistem berjalan baik.

“Akan selalu kita pantau, sehingga lebih transparan lagi. Melalui sistem online ini kami harapkan dapat membantu masyarakat Kota Batam,” tuturnya.

Selanjutnya, bagi rumah sakit yang tidak update ketersediaan ruang rawatnya, akan ditegur dan bahkan dikenakan sanksi berupa surat peringatan (SP) serta sanksi adiministrasi lainnya.

“Wajib diupdate setiap hari, sehingga masyarakat yang mengakses bisa tau ketersediaan tanpa harus datang langsung ke rumah sakit itu,” pungkasnya.

Reporter: Rengga Yuliandra