Metropolis

Mengecek Ketersediaan Tempat Tidur Rumah Sakit Tak Lagi Sulit

Tampilan laman informasi ketersediaan tempat tidur di rumah sakit di Batam. F. Tangkapan Layar Portal si Kamarrs

batampos.co.id – Sulitnya mengakses informasi ketersediaan tempat tidur di rumah sakit pernah menjadi keluhan masyarakat Batam saat kasus Covid-19 melonjak, pertengahan tahun ini.

Pasalnya, saat itu banyak tempat tidur di berbagai rumah sakit dipakai untuk merawat pasien Covid-19 maupun pasien umum lainnya.

Sehingga, calon pasien harus berkeliling ke berbagai rumah sakit untuk mendapatkan tempat tidur untuk perawatan atas keluhan yang dideritanya.

Mengatasi persoalan semacam itu, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengembangkan portal informasi ketersediaan tempat tidur rumah sakit di Kota Batam.

Masyarakat dapat mengakses tautan atau link https://si-kamarrs.batam.go.id/, untuk mengetahui informasi ketersediaan tempat tidur di suatu rumah sakit.

Portal ini hasil kerja sama Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam.

Kepala Dinkes Kota Batam, Didi Kusmarjadi, mengatakan, dengan mengklik portal tersebut, masyarakat dapat mengetahui informasi umum hingga ketersediaan tempat tidur baik untuk penanganan Covid-19 maupun perawatan umum lainnya.

“Di situ tersedia informasi ketersediaan tempat tidur rumah sakit, ruang ICU dan isolasi untuk perawatan pasien Covid-19 jika terjadi lonjakan seperti pada saat Lebaran kemarin,” ucap Didi, Rabu (8/12/2021).

Menurutnya, kehadiran portal ini juga sebagai upaya mengantisipasi jika terjadi lonjakan kasus Covid-19 di akhir tahun terkait Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dengan adanya informasi ini, minimal masyarakat bisa mencari tahu rumah sakit mana saja yang memiliki ketersediaan tempat tidur di sekitar tempat tinggalnya.

“Sementara ini memang baru bersifat web based (berbasis website). Untuk Android, aplikasinya sudah kami koordinasikan dengan Kominfo,” katanya.

Informasi pada portal ini disiapkan secara realtime atau saat itu juga, karena selalu diperbarui oleh pihak rumah sakit.

Tidak hanya itu, juga disiapkan saluran siaga (hotline) yang sewaktu-waktu dapat dihubungi masyarakat yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut.

“Di-update setiap hari sebelum pukul 12.00 WIB. Rumah sakit yang tidak meng-update akan kita tegur. Bisa dapat surat peringatan dan sanksi administrasi,” terang dia.

Selanjutnya, untuk lebih memudahkan masyarakat mendapat informasi, Pemko Batam akan terus mengembangkan inovasi tersebut.

“Ke depannya akan terus kita kembangkan. Biar bisa menghimpun semua info rumah sakit dan fasilitas pelayanan kesehatan atau fasyankes,” pungkas Didi.

Tak lupa, Kepala Dinas juga kembali mengingatkan masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan (protkes) pencegahan Covid-19. Terlebih, jelang libur Nataru yang dikhawatirkan akan meningkatkan kembali jumlah kasus.

“Terus terapkan Protkes saat beraktivitas di luar rumah,” pesannya.

Protkes tersebut yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas (5M).

Terpisah, salah seorang warga yang mencoba portal “Si Kamarrs” adalah Siti. Warga Batuampar tersebut ingin mengetahui ketersediaan ruang perawatan dan ruang isolasi di beberapa rumah sakit di Batam. Menurutnya, portal semacam ini sangat bermanfaat.

“Dulu pernah ada keluarga saya yang terpapar Covid-19, tapi saat itu ketersediaan tempat tidur di rumah sakit minim, akhirnya keluarga saya isolasi mandiri di rumah,” tuturnya.

Ke depan, ia berharap layanan yang terkait dengan Covid-19 maupun perawatan lain pada umumnya, makin mudah diakses masyarakat. Sehingga, kapan saja masyarakat butuh, bisa langsung mendatangi fasilitas kesehatan yang dituju.

“Terus diperbarui saja, kalau berwujud aplikasi yang bisa di-download makin bagus lagi,” katanya.(*)

Reporter: Ratna Irtatik