Metropolis

Segini Total Perizinan yang Dikeluarkan BP Batam Sepanjang 2021

Ilustrasi. Pelayanan BP Batam di Mal Pelayanan Publik (MPP). Foto diambil sebelumpandemi Covid-19. Foto: Dokumentasi batampos.co.id

batampos.co.id – Hingga Senin (6/12/2021) Badan Pengusahaan (BP) Batam telah mengeluarkan perizinan berusaha untuk menunjang kegiatan usaha dengan total 15.596 izin dan perizinan berusaha dengan total 385 izin.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengatakan, selain peningkatan aspek perizinan berusaha yang dipermudah, sektor infrastruktur menjadi salah satu fokus utama pihaknya untuk meningkatkan konektivitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Batam.

“Meskipun pandemi Covid-19 masih melanda, aktivitas industri terus berjalan sehingga pencapaian investasi dan kegiatan ekspor terus menunjukkan tren positif,” katanya, Rabu (8/12/2021).

Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) mencatat Realisasi investasi asing Triwulan I – III (Jan-Sept) 2021 di Batam meningkat 12,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020 sebesar 434,4 Milliar USD dengan 1.502 proyek.

Kepala BP Batam berharap dengan UU Cipta Kerja, diberlakukannya PP Nomor 41 tahun 2021 dan dengan kemudahan proses permohonan izin usaha melalui sistem OSS RBA, akan menjadi stimulus tumbuhnya laju perekonomian di Indonesia khususnya Kota Batam.

Ia mengatakan, Dasar Hukum perizinan berusaha BP Batam tercantum dalam Peraturan Pemerintah No. 5 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis resiko dan Peraturan Pemerintah No. 41 tahun 2021 tentang penyelenggaraan Kawasan perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

BP Batam juga telah menerbitkan beberapa Perka guna mendukung akselerasi proses perizinan berusaha khususnya di Batam.

Berkaitan dengan hal tersebut, BP Batam telah menetapkan Service Level Agreement (SLA) untuk tiap unit kerja terkait yang mengeluarkan perizinan sebagai berikut:
a. Pertanahan : jangka waktu 15 hari kerja
b. Pematangan lahan selama 8 hari kerja. Sedangkan untuk titik reklame, utilitas dan pemanfaatan ROW dilaksanakan dalam 5 hari kerja
c. Persetujuan pemasukkan barang dilakukan dalam 1 hari kerja
d. Surat keterangan terkait kegiatan kepelabuhanan termasuk bongkar muat, angkutan barang dan alat angkat dilaksanakan dalam waktu 2 jam.

Sebagaimana tercantum dalam PP No. 41 tahun 2021, BP Batam diberikan kewenangan untuk mengeluarkan 67 jenis perizinan dari 8 sektor yaitu: Transportasi bidang kepelabuhanan, Kesehatan, Perdagangan, Perindustrian, Sumber daya air, limbah dan lingkungan, Kehutanan, Energi dan sumber daya mineral, kelautan dan perikanan.(esa)