Politika

Wakil Ketua MPR RI Sebut Pencoblosan Pemilu 2024 Tanggal 15 Februari

Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid (Istimewa)

batampos.co.id – Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengaku telah mendapatkan informasi bahwa pemerintah telah menentukan tanggal pencoblosan Pemilu 2024. Pencoblosan akan dilakukan pada 15 Februari 2024.

Hal ini juga sudah diketahui Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Gus Jazil, sapaan akrabnya, menambahkan bahwa tanggal Pilkada 2024 mendatang juga dimajukan menjadi bulan September dari sebelumnya bulan November.

“Sudah. Katanya pemerintah sudah bersepakat dengan Komisi II. Itu sepakat di 15 Februari 2024. Tahapan Pilkadanya dimajukan awalnya bulan November ke bulan September,” ujar Gus Jazil di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (8/12).

Ihwal perubahan tanggal pencoblosan Pilkada yang dimajukan menjadi September, menurut Gus Jazil, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu).

“Kalau diubah kan tinggal keluarkan Perppu saja,” katanya.

Wakil Ketua MPR ini berharap untuk dalam waktu dekat Komisi II DPR bersama dengan pemerintah dan penyelenggara Pemilu bisa melakukan rapat kerja bersama. “Kalau sudah diputuskan oleh Komisi II, KPU gampang menyusunnya. Mudah-mudahan bulan ini selesai,” ungkapnya. (*)