Metropolis

581 Warga Negara Indonesia Keluar Negeri Melalui Batam Dalam Sepekan

Ilustrasi. Satgassus meninjau pemulangan PMI Provinsi Kepri di Pelabuhan Internasional Batam Center. Imigrasi Kota Batam mencatat jumlah keberangkatan WNI dalam sepekan tercatat 581 orang.. Foto: Satgassus PMI Provinsi Kepri untuk batampos.co.id

batampos.co.id – Jumlah keberangkatan dan kedatangan orang dari dan ke luar negeri melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Batam, didominasi Warga Negara Indonesia (WNI).

Dari data yang tercatat di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, jumlah keberangkatan WNI dalam sepekan tercatat 581 orang.

Mereka berangkat melalui Pelabuhan Batam Center sebanyak 545 orang dan Pelabuhan Harbour Bay 36 orang.

“Itu tercatat dari tanggal 29 November hingga 3 Desember kemarin,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Tessa
Harumdila, Rabu (8/12/2021).

Tessa mengatakan, keberangkatan WNI itu untuk keperluan yang berbeda-beda. Mulai dari kunjungan bisnis, keluarga maupun kerja. Sedangkan untuk jumlah kedatangan, WNI juga mendominasi.

Selama sepekan lalu, jumlah WNI yang masuk melalui Pelabuhan Batam Center tercatat sebanyak 1.782 orang, Pelabuhan Harbour Bay 8 orang dan Pelabuhan Marina Teluk Senimba 1 orang.

“Totalnya itu ada 1.791 orang. Dari angka itu termasuk pemulangan PMI,” katanya.

Sementara untuk kedatangan Warga Negara Asing (WNA) melalui Kota Batam, masih rendah. Dalam sepekan kemarin, tercatat sebanyak 85 orang yang datang.

Dari jumlah itu melintas melalui Pelabuhan Batam Center, Pelabuhan Harbour Bay dan Pelabuhan Marina Teluk Senimba.

“Kemudian untuk keberangkatan WNA melalui Batam sebanyak 78 orang,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini pemerintah telah mengubah peraturan pembatasan orang asing yang melakukan perjalanan dari 11 negara untuk mencegah varian Covid-19, Omicron. Aturan itu sudah mulai berlaku sejak 30 November lalu.

“Sementara dilakukan penangguhan pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga negara Afrika dan beberapa negara lainnya,” imbuhnya.

Reporter: Eggi Idriansyah