Metropolis

Bea Cukai Hibahkan Ikan Senilai Rp125 Juta ke Pemko Batam

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam, Ambang Priyonggo, menyerahkan secara simbolis hibah 5,28 ton ikan konsumsi kepada Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Batam, Hasyimah. Foto: Bea Cukai untuk Batam Pos

batampos – Bea Cukai Batam menghibahkan 5,28 ton konsumsi kepada Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam, Kamis (9/12/2021).

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Batam, Ambang Priyonggo, mengatakan, barang yang dihibahkan merupakan barang hasil penindakan di bidang kepabeanan pada 23 September 2021.

“Barang yang dihibahkan merupakan hasil penindakan terhadap muatan yang diangkut oleh kapal KM Nusantara 11 yang dilakukan oleh Bea Cukai di perairan Belakang Padang yang akan dimasukkan ke Batam dengan muatan diberitahukan secara tidak benar,” ujarnya saat penyerahan seca simbolis di KPU Bea Cukai Batam.

Ia menjelaskan, pihaknya berharap dengan adanya hibah ikan tersebut dapat membantu dan memenuhi kebutuhan masyarakat di Kota Batam.

Kata dia, barang yang akan dihibahkan berupa berbagai jenis ikan konsumsi dengan berat keseluruhan mencapai 5.280 Kg dengan perkiraan nilai barang sebesar Rp 125.215.750.

“Penyerahan hibah ini dalam rangka menyelesaikan peruntukan Barang yang Menjadi Milik Negara berdasarkan Pasal 33 (c) Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 178/PMK.04/2019,” tuturnya.

Menurutnya pada pasal 33 PMK 178 Tahun 2019 mengatur bahwa dalam hal BMN masih dapat dimanfaatkan maka dapat dihibahkan untuk kepentingan sosial, kebudayaan, keagamaan dan kemanusiaan.(esa)