Metropolis

BTKLPP Terima 700 Sampel Covid-19 Selama Sepekan

Kedatangan PMI dari Malaysia masih mendominasi di pintu masuk Batam. Foto: Istimewa untuk Batam Pos

batampos.co.id – Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam menerima 500 hingga 700 sampel pemeriksaan Covid-19 dari rombongan PMI sepanjang pekan ini.

Jumlah tersebut jadi sampel terbanyak semenjak penyebaran Covid-19 melandai di Kota Batam sejak beberapa bulan terakhir. Peningkatan jumlah sampel ini disinyalir karena mendekati akhir tahun.

Banyak PMI yang kembali ke Tanah Air untuk perayaan Natal dan Tahun Baru. Sampel PMI ini jadi prioritas BTKLPP untuk diperiksa demi menekan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.

Bahkan, sampel-sampel PMI yang dinyatakan positif, diperiksa lagi bersama Litbangkes untuk memastikan jenis atau varian dari Covid-19 yang dibawa PMI yang terkonformasi positif tersebut.

”Kami periksa secara teliti, karena di negara-negara tetangga sudah ada varian terbaru (Omicron),” ujar kepala BTKLPP Batam, Budi Santosa.

Data yang sama juga disampaikan tenaga medis yang menangani kesehatan PMI di Rusunawa di Tanjunguncang. Sejak awal bulan, jumlah PMI yang dikarantina stabil di kisaran 700 orang.

Meskipun sudah banyak yang diperkenankan kembali ke daerah asalnya, namun jumlah PMI di lokasi karantina tidak banyak berkurang.

PMI terus membeludak karena angka kepulangan PMI terus meningkat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

”Upaya yang kita lakukan adalah peningkatan pengawasan. Kesehatan mereka (PMI) diperhatikan secara teliti. Jangan sampai ada satu orang yang lolos dengan membawa Covid,” kata dr Anggitha, petugas medis yang menangani kesehatan para PMI di Rusunawa.

Reporter: Eusebius Sara