Sport

Ditahan Imbang 3-3, Chelsea Finish di Peringkat Kedua

batampos.co.id – Eenam gol tersaji saat Chelsea ditahan imbang 3-3 Zenit Saint-Petersburg dalam laga terakhir Grup H Liga Champions di Gazprom Arena, Rusia.

Timo Werner mencetak dua gol untuk Chelsea. Satu gol The Blues disumbangkan Romelu Lukaku. Sedangkan tiga gol Zenit masing-masing dicetak Claudinho, Sardar Azmoun, dan Magomed Ozdoyev.

Hasil itu membuat Chelsea harus finish di urutan kedua Grup H dengan 13 poin. Tertinggal dua poin dari Juventus yang menang tipis atas Malmo di pertandingan lainnya. Sementara itu Zenit duduk di peringkat ketiga dan akan turun ke Liga Europa.

Chelsea tidak buang-buang waktu, mereka langsung mencetak gol saat pertandingan baru berjalan satu menit lewat tendangan Timo Werner dari jarak dekat setelah menerima bola sepak pojok Andreas Christensen. Gol cepat tersebut semakin membuat pemain Chelsea bersemangat hingga pada menit ke-8, mereka kembali mengancam gawang Zenit.

Striker Chelsea Romelu Lukaku. (F. Goal.com)

Berawal dari sepak pojok Ross Barkley, bola ditendang Saul Niguez di tengah kotak penalti, tetapi masih melebar ke kiri gawang. Zenit mencoba membalas pada menit ke-13 ketika Claudinho mengirimkan umpan ke Wilmar Barrios, yang kemudian melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Sayangnya, bola masih bisa diblok oleh pemain Chelsea.

Usaha Zenit baru membuahkan hasil pada menit ke-37 setelah Claudinho menerima umpan silang Douglas Santos untuk mencetak gol melalui sundulannya dari jarak dekat yang tidak bisa dihentikan Kepa Arrizabalaga. Setelah menyamakan kedudukan, Zenit tak memerlukan waktu lama untuk berbalik unggul pada menit ke-41.

Malcom mengirim umpan terobosan akurat ke sisi kanan kotak penalti, yang kemudian diterima Sardar Azmoun sebelum melepaskan tendangan untuk membobol gawang The Blues.

Selepas jeda, Zenit tetap menekan sang juara bertahan hingga pada menit ke-51, Malcom menebar ancaman melalui tendangannya dari sisi kanan kotak penalti meskipun bola dari eks gelandang Barcelona tersebut masih bisa diamankan Kepa.

The Blues membalas serangan Zenit dengan tiga peluang beruntun dari menit ke-52 sampai ke-54 melalui percobaan Ross Barkley, Recee James dan Saul Niguez. Sayang, ketiga percobaan tersebut gagal membuahkan gol penyeimbang bagi tim asuhan Thomas Tuchel tersebut.

Chelsea menyamakan kedudukan dengan gol keduanya pada menit ke-61 berkat sepakan kaki kiri Romelu Lukaku di depan gawang, yang mendapatkan umpan dari Timo Werner. Setelah gol tersebut, Zenit beberapa kali mencoba untuk kembali unggul. Namun, percobaan mereka gagal memberikan ancaman berarti ke gawang Chelsea.

Terlalu fokus menyerang, Zenit justru kebobolan gol ketiga pada menit ke-84 ketika Timo Werner menyelesaikan umpan Christian Pulisic dari jarak dekat untuk membalikkan keunggulan menjadi 3-2. Tuan rumah menyamakan kedudukan di masa injury time berkat tendangan keras Magomed Ozdoev dari luar kotak penalti yang mengoyak pojok kiri atas gawang Kepa. (*)

Reporter: Antara