Metropolis

PAD Bus Trans Batam Meningkat Jadi Rp 6 Miliar Tahun Ini

Ilustrasi. Bus Trans Batam. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampos – Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor transportasi umum Bus Trans Batam oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Batam pada tahun 2021 diperkirakan tidak tercapai, yakni senilai Rp 11 Miliar. Untuk tahun ini, PAD Bus Trans Batam hanya mencapai Ro 6 Miliar.

“Kita optimis tahun ini sampai Rp 6 Miliar. Meskipun tidak mencapai target karena pandemi ini,” ujar Kepala UPT Transportasi Umum Bus Trans Batam Dinas Perhubungan Kota Batam, Bambang Sucipto, Kamis (9/12) siang.

Namun, kata Cipto, untuk pencapaian PAD tahun ini meningkat dibandingkan tahun 2020. Dimana tahun sebelumnya PAD Bus Trans Batam hanya Rp 4 Miliar dari target Rp 11 Miliar.

“Dibandingkan tahun sebelumnya jauh meningkat. Karena tahun lalu itu sangat sepi, dengan diberlakukannya PPKM level 4. Perusahaan banyak tutup, pekerja di PHK dan sekolah tutup juga,” katanya.

Cipto menambahkan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1, jumlah penumpang Trans Batam meningkat drastis. Saat ini, jumlah penumpang mencapai 3000-3500 perhari.

“Sekarang pemerintah sudah melonggarkan aktivitas masyarakat. Apalagi hingga awal tahun nanti tidak jadi diberlakukan PPKM, maka kita optimis jumlah penumpang juga meningkat,” katanya.

Untuk saat ini, sambung Citpo, pihaknya mengopersikan 40 armada dengan dengan maksimal 10 ritase per hari. Untuk jam beroperasi dari pukul 07.00-18.00 WIB.

Selain itu, pihaknya sudah tidak memberlakukan pembatasan jarak penumpang. Untuk bis besar dengan 80 penumpang, dan bis kecil 50 penumpang. “Kita harapkan tahun depan PAD bisa tercapai sesuai target,” tutupnya. (*)

Reporter: YOFI YUHENDRI