Internasional

Tenggorokan Gatal jadi Salah Satu Ciri Varian Omicron

Dokter Angelique Coetzee. ( F CNN)

batampos – Ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, dokter Angelique Coetzee menyebutkan, tenggorokan gatal menjadi salah satu ciri dari Covid-19 varian Omicron. Gejala muncul, tergantung dari tingkat keparahan yang disebabkan varian ini.

Hal ini, oleh Angelique berdasarkan temuannya pada November 2021 lalu, dimana gejala yang tidak biasa, yang sedikit berbeda dengan mereka yang terinfeksi varian Delta. Meski begitu, ia memastikan gejalanya ringan.

“Salah satu ciri khas terkait dengan tenggorokan. Pasien pria yang saya rawat itu, tidak demam hanya tenggorokannya gatal. Sangat berbeda dari varian Delta,” ujar Angelique seperti dilansir dari BBC, Kamis (9/12/2021).

Ciri lain yang dapat dibedakan, yakni tidak adanya gejala klasik yang dikaitkan dengan galur Covid-19 sebelumnya. “Pasien tidak mengalami kehilangan bau dan rasa,” ujarnya.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan ZOE COVID Study, yang telah melacak pergerakan virus selama pandemi, menyerukan agar daftar yang mencerminkan data yang lebih luas diterbitkan. Para ahli mendesak perluasan program vaksin booster akan membendung meningkatnya kasus yang terkait dengan varian Omicron. (*)

Reporter: Chahaya Simanjuntak