Pro Kepri

Wakil Bupati Karimun Dinobatkan Sebagai Pembina Zakat

Ketua Baznas Karimun Nasrial ketika memberikan penghargaan kepada Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim yang dinobatkan sebagai pembina zakat di Baznas Karimun. f,BAZNAS KARIMUN

batampos- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karimun, menobatkan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim sebagai pembina zakat. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim mengungkapkan, penobatan dirinya sebagai pembina zakat akan membantu meningkatkan penerimaan zakat di Baznas Karimun bersama bupati karimun Aunur Rafiq yang juga sebagai duta zakat.

BACA JUGA: Bupati Karimun Jadi Duta Zakat

” Terimakasih atas dinobatkan saya sebagai pembina zakat oleh Baznas Karimun. Dan, harapan saya dengan bergandengan tangan kepada semua pihak agar Baznas Karimun terus lebih banyak berbuat untuk kepentingan umat muslim,” terangnya, Kamis (9/12).

Dengan penobatan duta zakat maupun pembina zakat kepada kepala daerah, sebagai bentuk motivitasi bagi pimpinan daerah untuk terus mendorong umat muslim agar melaksanakan zakat yang bisa disalurkan melalui Baznas Karimun. Selain itu, melalui pembekalan petugas Unit Pengumpul Zakat (UPZ) sebanyak 250 orang.

” Melalui pembekalan ini, para petugas UPZ bisa langsung memaksimalkan pengumpulan dana umat di Baznas Karimun. Sehingga, bisa disalurkan kepada yang benar-benar membutuhkan. Mulai dari dunia pendidikan, bantuan modal usaha, fakir miskin dan sebagainya,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua Baznas Karimun Nasrial menuturkan, pemberiaan penghargaan dengan menobatkan Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim sebagai pembina zakat. Dimana, sebelumnya telah dinobatkan Bupati Karimun Aunur Rafiq sebagai duta zakat. Sehingga, bisa menyampaikan pesan-pesan disaat ada kegiatan untuk taat membayarkan zakat bagi umat muslim melalui Baznas Karimun.

” Insyallah, penerimaan zakat di Baznas Karimun akan meningkat. Atas, peranan kedua pemimpin (Bupati dan Wakil Bupati Karimun-red) kabupaten Karimun nantinya. Dan, secara otomatis ketika penerimaan zakat meningkat akan membantu kesejahteraan masyarakat yang kurang mampu nantinya,” tuturnya.

Dimana, walaupun terjadi penurunan pengumpulan dana umat selama pandemi Covid-19 ini. Akan tetapi Baznas Karimun, tetap optimis tahun depan akan terjadi peningkatkan pengumpulan dana umat di Baznas Karimun. Dengan telah mendistribusikan dana umat kepada yang berhak, mulai dari bantuan modal usaha, pendidikan, bedah rumah dan sebagainya.

” Melalui, pengumpulan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) di Baznas Karimun. Kita secara tidak langsung telah membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Sekali lagi, saya himbau kepada umat muslim tunaikan ZIS dimasing-masing UPZ,” ucapnya.

Dan, pada tahun 2021 ini untuk periode terakhir pendistribusian dana umat mencapai Rp690 juta untuk pendidikan, kesehatan, kemanusian, fakir miskin, bantuan usaha dan sebagai yang akan didistribusikan melalui UPZ masing-masing. Walaupun, saat ini pandemi Covid-19 sudah mulai mereda. Akan tetapi, tetap pihaknya masih mengikuti protokol kesehatan.

” Di tahap terakhir, kita akan membagikan dana umat untuk 800 orang fakir miskin di kabupaten Karimun,” katanya.(*)

Reporter: Tri Haryono