Nasional

Wali Kota Bandung Wafat saat Menuju Mimbar Khutbah Jumat

 

batampos – Wali Kota Bandung, Oded M Danial, meninggal dunia di RS Muhammadiyah, Kota Bandung, Jumat (10/12/2021).

Wali Kota Bandung Oded M. Danial semasa hidup. (Humas Pemkot Bandung/Antara)

Pria yang kerap di sapa Mang Oded menghembuskan nafas terakhirnya ketika Oded M. Danial akan mengisi khutbah Jumat di Masjid Raya Mujahidin Jl. Sancang No. 6 Bandung.

Seperti diberitakan Jabar Ekspres (Batam Pos Group), Oded M Danial sempat pingsan sebelum naik mimbar. Sejumlah keluarga sudah mulai berdatangan ke rumah sakit Muhammadiyah Kota Bandung. Bahkan sejumlah kepala dinas pun turut hadir

Informasi meninggal nya Mang Oded langsung di konfirmasi oleh Ketua DPW PKS Jabar, Haru Suwandaru. Ia membenarkan bahwa meninggalnya Wali Kota Bandung itu.

“Iya,” kata Haru Suwandaru saat dikonfirmasi, Jumat (10/12).

Pihaknya juga meminta masyarakat untuk mengirimkan doa bagi Wali Kota Bandung. “Mohon doanya untuk pak wali,” jelasnya.

Serangan Jantung

Sejumlah keluarga Kang Oded sudah mulai berdatangan ke rumah sakit Muhammadiyah Kota Bandung. Doa terus mengalir dari para anggota keluarga dan masyarakat kota Bandung untuk wali kota yang gugur dalam masa jabatannya ini.

Direktur Utama RS Muhammadiyah Kautsar Boesoiri memgungkapkan, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial telah meninggl dunia, Jumat (10/12) pukul 11.55 WIB. Dari hasil diagnosa, Oded terindikasi terkena serangan jantung.

Kautsar menyatakan, Oded datang pukul 11.45 WIB diantar menggunakan ambulans. Saat tiba di rumah sakit, Oded sudah menggunakan oksigen untuk bantuan pernapasan.

“Beliau datang dari Mujahidin menggunakan ambulans dan sudah terpasang oksigen itu pukul 11.45 dan langsung masuk UDG,” kata Kautsar lewat keterangan tertulisnya.

Saat masuk ke UGD, sambung Kautsar, kondisi tubuh Oded sudah menunjukan sejumlah tanda-tanda telah meninggal dunia.

“Diperiksa nadinya sudah tidak teraba, dan pupilnya sudah melebar, itu adalah tanda tanda beliau tidak ada. Kalau mendasak gitu kemungkinan jantung,” imbuhnya.

Masih menurut Kautsar, kendati sudah tampak indikasi sudah meninggal dunia tim medis RS Muhammadyah tetap berusaha maksimal dengan Resusitasi Jantung Paru. Namun dalam kurun waktu 10 menit tetap tidak menunjukan perkembangan.

“Walaupun sudah ada tanda tidak ada tetap kita lakukan usaha mengaharapkan muzijat Allah. Tapi takdir Allah lain, dinyatakan tidak ada pukul 11.55 WIB,” ungkapnya.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial meninggal dunia, Jumat (10/12). Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Oded M. Danial akan mengisi khutbah Jumat di Masjid Raya Mujahidin Jl. Sancang No. 6 Bandung.

Oded sempat pingsan dan langsung dibawa ke RS Muhammadiyah. Namun, nyawanya tidak berhasil diselamatkan. menjelaskan, dari hasil diagnosa, Oded M. Danial terindikasi terkena serangan jantung.

“Pertama kami dari pihak rumah sakit Muhammadiyah menyatakan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas berpulang Mang Oded yang kita cintai bersama,” ujar Dirut RS Muhammadiyah Bandung Kautsar Boesoirie dalam keterangan pers kepada wartawan di RS. Muhammadyah Bandung, Jumat (10/12). (*)