Nasional

Sukses Digelar Munas IV, ITLA Tetapkan Ketua Umum dan Dewas DPP ITLA

Anggota ITLA berfoto bersama setelah sukses menggelar Musyawarah Nasional IV, Sabtu (11/12/2021). Acara dilaksanakan di Hotel Harmoni, Jakarta dan diikuti online oleh member di seluruh Indonesia. Foto: ITLA untuk Batam Pos

batamposIndonesian Tour Leaders Association (ITLA) sukses menggelar Musyawarah Nasional IV, Sabtu (11/12/2021). Acara dilaksanakan di Hotel Harmoni, Jakarta dan diikuti online oleh member di seluruh Indonesia.

Acara dibuka langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Dalam pidatonya, ia mengucapkan selamat kepada Musda IV ITLA. Ia berharap ke depan ITLA mengembangkan peran untuk memajukan objek dan sumber daya manusia (SDM) sektor wisata di Indonesia.

Musyawarah Nasional IV ITLA berlangsung sejak jam 08.00 dengan agenda pemilihan Ketua Umum periode 2021-2025, dilanjutkan dengan penetapan Ketua Dewan Pengawas ITLA periode 2021-2025. Robert Alexander S. Moningka terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum menggantikan Tetty DS Aryanto.

Ketua Umum DPP ITLA, Robert Alexander S. Moningka, mengatakan, kehadiran ITLA diharapkan bisa membantu mengembangkan pariwisata di Indonesia.

Dengan pengalaman yang dimiliki member ITLA bertugas di luar negeri, bisa berkontribusi mengembangkan SDM di sektor wisata di Indonesia.

“Konsep pentahelix ditambah satu unsur lagi yaitu market. Tour leader ini yang sering bersentuhan langsung dengan wisatawan. Pengalaman ini yang sekarang lagi kami coba untuk dibagi, salah satunya melalu program merdeka belajar,” jelasnya usai dilantik

Untuk objek Indonesia sudah tidak diragukan lagi. Banyak objek yang menarik bagi wisatawan, terutama dari Malaysia, Singapura, Thailand, Korea, dan negara lainnya. Tantangan pariwisata saat ini adalah menghadirkan SDM yang berkualitas.

“Sekarang tinggal studi tiru saja lagi. Apa yang dilihat di luar negeri bisa diaplikasikan di dalam negeri. Contoh tempat wisata yang menarik dan fasilitas di luar negeri bisa juga diterapkan di sini,” ujarnya.

Kepengurusan yang terpilih saat ini merupakan booster. Program yang sudah berjalan tinggal dilanjutkan dan ditingkatkan. ITLA ingin membantu pemerintah dalam pengembangan sektor wisata.

Dan beruntungnya melalui program merdeka belajar, banyak respon dari pelaku pariwisata. Mulai dari pemerintah daerah, sekolah pariwisata. Hal ini tujuannya mendukung kemajuan sektor wisata di dunia pendidikan.

“Masa pandemi ini merupakan momen untuk berbenah. Tour leader kita tidak kalah dengan luar negeri. Dan ini akan coba dibagi kepada pelaku wisata demi mewujudkan SDM yang berkualitas,” ucap pria kelahiran Dumai 3 Desember 1968 ini.

Ketua Dewan Pengawas DPP ITLA, Tetty DS Aryanto, berharap di bawah kepemimpinan baru, ITLA bisa lebih maju, dan semakin meningkat di berbagai sektor ke depannya.

Sesuai yang disampaikan dalam pidato tadi, visi dan misi kepengurusan ke depan dipaparkan tahap demi tahap. Dan tentunya ITLA harus memberikan peran bagi kemajuan kepariwisataan.

“Saya yakin ITLA akan menjadi lebih baik dan naik level,” singkat perempuan yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Umum DPP ITLA ini.

Reporter: Yulitavia