Pro Kepri

GAMKI Kepri Natal Bersama Anak-Anak Suku Laut

GAMKI Kepri saat merayakan Natal bersama Suku Laut

batampos- Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Provinsi Kepri merayakan natal bersama suku laut dan anak anak suku laut. Perayaan natal dengan tema usahakanlah kesejahteraan kota di mana kamu berada dan doakanlah itu, GAMKI Kepri mengunjungi Pulau Teluk Nipah dan Pulau Nanga di jembatan enam, Kota Batam, Sabtu (11/12).

BACA JUGA: Pemuda Harus jadi Pelopor Perubahan, Budayakan Diskusi Untuk Cari Solusi

Ketua Tim Kerja Aksi Sosial Natal GAMKI Kepri Thomson Sitompul mengatakan, Perayaan Natal tidak hanya kita maknai sebatas pesta. ”Kelahiran Kristus di Bumi ini sebagai wujud kepedulian Dia Yang Maha Kuasa kepada umat manusia. Begitupun kita, harus tetap meneladani kasih Kristus. Berbagi kepada sesama umat manusia. Khususnya mereka yang termarginalkan, kaum papa, mereka yang sering terabaikan oleh sistem dan minimnya perhatian pemerintah,” ujarnya

Rikson Tampubolon, Ketua GAMKI Kepri menambahkan, Suku laut ini sangat menarik. Daripada mereka kita dapat melihat bagaimana leluhur kita sangat dekat dengan laut. Bahkan hidup mereka tidak bisa terpisahkan dengan lautan. Laut adalah masa depan dan hidup mereka. Namun sepertinya mereka masih tersisihkan dalam usaha pembangunan kita selama ini.

Anak Anak Suku Laut juga diajari para aktivis GAMKI disela sela perayaan natal bersama

“Menjadi menarik apabila kita Kembali menyoal dengan mengatakan negara kita sebagai negara maritim dan provinsi kepulauan tetapi tidak serius memperhatikan bagaimana perkembangan suku laut ini. Kehadiran GAMKI Kepri dalam aksi sosial perayaan advent natal ini sebagai pesan untuk kita agar lebih memahami makna natal itu sesungguhnya, khususnya kepada umat kristiani. Sembari memberikan pesan kepada masyarakat dan pemerintah daerah khususnya agar lebih peduli terhadap saudara kita ini”, terang Rikson Tampubolon yang juga sebagai akademisi di Kota Batam ini.

Di sisi lain, Roynaldo Talutu, Sekretaris GAMKI Kepri mengungkapkan, kita harusnya boleh berbangga karena Provinsi Kepulauan Riau ini mungkin satu-satunya yang memiliki masyarakat asli (indigenous people) yaitu tuan rumah masyarakat adat suku laut yang masih menjalankan budaya mereka di atas laut. Tak banyak suku yang masih tertinggal ini mungkin dibelahan dunia manapun. Jadi kita harus dampingi mereka agar mereka tetap hidup sejahtera di tengah himpitan modernitas peradaban dan tantangan kerusakan lingkungan khususnya rumah mereka yaitu laut kita ini.

Anak anak gembira bernyanyi saat Natal bersama aktivis aktivis GAMKI Kepri

Sebagai penutup perwakilan masyarakat Pulau Teluk Nipah, Pak Arif mengatakan sangat senang sekali boleh dikunjungi oleh perwakilan pemuda GAMKI untuk boleh berbagi dalam acara natal ini. Kita juga mengucapkan banyak terima kasih karena jarang sekali ada kelompok masyarakat yang hadir datang menemui kita. Kita berharap tentunya GAMKI boleh makin baik kedepannya atas aksi sosial yang dilakukan.

Perwakilan GAMKI yang hadir di Pulau Teluk Nipah dan Pulau Nanga Jembatan 6, Barelang , Kota Batam ini memberikan sembako, berupa beras, minyak makan, gula, vitamin dan lain sebagainya. Kader-kader GAMKI ini juga terlihat memberikan sejumlah permainan dan lomba menggambar kepada anak-anak Suku Laut ini. Serta tidak lupa membagikan bingkisan natal kepada anak-anak suku laut di sana sebagai bentuk pesan sukacita natal. Agar semua bangsa/masyarakat boleh merasakan sukacita di dalam momen natal yang kita laksanakan ini. (*)