Internasional

30 Tornado Sapu 6 Negara Bagian

batampos – Sebagian wilayah Mayfield, Kentucky, AS, lenyap. Ia disapu tornado yang terjadi pada Jumat (10/12) malam sekitar pukul 22.00 hingga Sabtu (11/12) pagi. Karena menjadi titik nol, Mayfield merupakan wilayah terparah.

Petugas penyelamat berusaha mencari korban yang masih tertimbun reruntuhan pabrik lilin di Mayfield, Kentucky, Minggu (12/12). 30 tornado menyerang enam negara bagian di Amerika Serikat, Mayfield menjadi wilayah terdampak terparah akibat bencana ini. (F. John Amis/AFP)

Sebanyak 83 orang tewas, 70 di antaranya ada di Mayfied. Korban jiwa diperkirakan masih terus tertambah karena proses evakuasi masih berlangsung.

“Ini adalah tragedi. Kami masih belum tahu dengan pasti berapa banyak nyawa yang hilang dan seberapa parah tingkat kerusakan seluruhnya,” ujar Presiden AS Joe Biden seperti dikutip Agence France-Presse.

Kurang lebih 30 tornado yang dilaporkan melanda setidaknya 6 negara bagian. Itu terjadi di waktu yang hampir bersamaan. Yaitu Kentucky, Missouri, Arkansas, Illinois, Tennessee dan Mississippi. Kerusakan yang ditinggalkan terbentang sepanjang 365 kilometer.

Tornado dengan kerusakan terparah pernah terjadi di Missouri pada 1925 lalu. Saat itu jejak kerusakannya mencapai 352 kilometer. Kala itu 695 orang tewas serta 15 ribu rumah rusak di sepanjang Missouri, Illinois dan Indiana.

Sebagian besar korban di Mayfield adalah para pekerja di pabrik lilin. Saat kejadian, ada 110 pekerja tengah lembur. Permintaan lilin memang meningkat menjelang natal. Lebih dari 40 orang pekerja berhasil diselamatkan. Sebagian lainnya masih tertimbun reruntuhan.

“Jika ada orang lain yang ditemukan hidup di bawah reruntuhan (pabrik) tersebut maka itu adalah keajaiban,” ujar Gubernur Kentucky Andy Beshear seperti dikutip The Guardian.

Status darurat telah ditetapkan dan garda nasional Kentucky telah terjun membantu. “Mungkin nanti korban tewas lebih dari 100 orang di Kentucky saja,” kata Beshear.

Sebagian besar wilayah Mayfield, Kentucky, Amerika Serikat hancur setelah diterjang bencana tornado, Sabtu (11/12).

Proses evakuasi memang masih berlangsung. Pemerintah setempat kesulitan karena sarana mereka rusak. Kantor polisi hancur dan peralatan milik tim pemadam kebakaran sebagian besar rusak parah. Saat ini puluhan ribu orang di negara bagian tersebut juga tidak dialiri listrik maupun air bersih.

Korban jiwa di negara bagian lain sejauh ini mencapai 13 orang. Di Illinois, gudang milik Amazon hancur. Saat itu sekitar 100 orang ada di dalamnya. Sebanyak 45 orang berhasil keluar dengan selamat, satu orang dirawat di rumah sakit dan 6 orang meninggal. Sisanya masih dalam tertimbun reruntuhan.

Status evakuasi di area tersebut diganti dari penyelamatan menjadi hanya pencarian saja. “Doa kami untuk keluarga dan orang tercinta dari pekerja yang terdampak,” ujar pendiri Amazon Jeff Bezos. (*)

Reporter: JP GROUP