Metropolis

Antisipasi Kerumunan di Tahun Baru, Pemko Berencana Tutup Fasilitas Umum

Dataran engku Putri direncanakan ditutup untuk umum di tahun baru, untuk menghindari kerumunan warga

batampos– Pemerintah Kota Batam berencana menutup fasilitas umum Dataran Engku Putri atau yang dikenal dengan nama alun-alun. Selain itu penutupan juga akan dilakukan tempat wisata. Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan penutupan ini dilakukan guna mencegah adanya kerumunan saat malam pergantian tahun baru 2022.

BACA JUGA: Batam Bebas Covid-19, Wali Kota Imbau Masyarakat Jaga Protkes

“Jadi tak ada yang kumpul-kumpul saat tahun baru nanti. Kondisi masih belum kondusif. Covid-19 masih ada,” sebutnya.

Penutupan ini merupakan antisipasi adanya lonjakan kasus Covid-19 di Kota Batam. Selain itu hal ini juga merujuk pada penerapan PPKM level 3 yang akan diterapkan selama libur Natal dan tahun baru 2022 mendatang.

Level 3 ini sudah ada ketentuannya. Pertama pembatasan kapasitas rumah ibadah selama perayaan natal. Untuk menjaga agar ibadah tetap berjalan. Nantinya pemuda agama di tempat ibadah akan mengatur jarak dan mengatur waktu ibadah.

“Aturan ini juga untuk melindungi saudara kita yang beragama Nasrani dalam menjalankan ibadah natal,” imbuhnya. Pembatasan akitivitas masyarakat di level 3 ini lebih ketat bila dibandingkan sebelumnya. Ia berharap dengan pembatasan ini, penyebaran Covid-19 bisa lebih terkendali.

Amsakar menambahkan, untuk aktivitas pesta tahun baru yang menjadi agenda tahunan juga ditiadakan tahun ini. Hal ini sudah kali kedua ditiadakan, karena pandemi Covid-19 di Batam. (*)

Reporter: Yashinta