Nasional

Baru Dipasarkan, Langsung Terjual 50 Unit

Peluncuran All New Xenia di Kantor Astra Daihatsu Batam, Baloi, Sabtu (10/12). (Iman Wachyusi/Batam Pos)

batampos – Setelah ditunggu kehadirannya, akhirnya Astra Daihatsu Batam resmi meluncurkan (launching) All New Xenia, Sabtu 10 Desember 2021. Sejak pertama kali diperkenalkan ke publik, sekitar 50 unit All New Xenia laku terjual untuk wilayah Batam.

“All New Xenia sudah hadir ke Batam semenjak beberapa pekan lalu. Dan, hingga launching hari ini (Sabtu, 10/12), sudah ada sekitar 50 unit yang laku terjual. Itu menunjukkan minat masyarakat Batam akan All New Xenia ini cukup antusias. Kami menyambut baik dan uncapkan terima kasih kepada Sahabat Daihatsu yang telah memilih All New Xenia sebagai kendaraan idaman mereka,” ujar Kamil Hasan, selaku Kepala Cabang Astra Daihatsu Batam, di sela acara peluncuran All New Xenia di Kantor Astra Daihatsu Batam, Baloi, Sabtu (10/12).

Hadir di acara peluncuran All New Xenia, Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau, Buralimar, dan sejumlah tokoh masyarakat, komunitas dan tamu undangan. “Apresiasi peluncuran All New Xenia.
Karena mobil adalah salah satu penggerak pariwisata. Apalagi ada komunitas Xenia yang siap bikin event memajukan pariwisata di Kepri ini,” kata Buralimar.

Xenia telah hadir selama 18 tahun di Indonesia sejak 2004, dan telah dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan “Mobil Sejuta Umat”. Sejak awal diluncurkan, Xenia telah terjual lebih dari 683 ribu unit di Indonesia hingga kini.

All New Xenia yang merupakan generasi ketiga ini, menerapkan platform berbasis DNGA (Daihatsu New Global Architecture), yakni platform terbaru Daihatsu yang dikembangkan dengan konsep: Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau, Teknologi Terkini, serta memperhatikan hingga ke detail terkecil seperti ukuran, berat, harga, dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien.

Sebagai kendaraan Low MPV berkapasitas 7 penumpang, All New Xenia hadir dengan 2 pilihan mesin 1.3L dan 1.5L berteknologi NR-VE Dual VVT-i, serta transmisi CVT, membuat All New Xenia memiliki performa bertenaga, responsif, akselerasi yang halus, dan efisiensi bahan bakar lebih baik.

Dalam hal keselamatan, All New Xenia juga dilengkapi fitur keamanan spesial tertinggi dan pertama di kelasnya, yaitu Daihatsu A.S.A (Advances Safety Assist). Tak hanya itu, All New Xenia juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan lainnya, seperti ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), dan Dual Airbag.

Pada sisi keamanan, All New Xenia juga menyematkan fitur Window Jam Protection, Immobilizer, serta Rear parking Camera & 360 degrees Around View Monitor untuk memudahkan visibilitas pengendara saat bermanuver mundur.

Dengan lampu LED yang modern, serta polished alloy wheel yang sporty, membuat All New Xenia tampil futuristik. All New Xenia memiliki kabin dan bagasi yang luas, 3 baris kursi fleksibel yang bisa disesuaikan menjadi “sofa mode” untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh. Instrumen panel didesain untuk memberikan keleluasaan jarak pandang dalam berkendara, dan dilengkapi dengan tampilan head unit bertipe floating yang modern.

“All New Xenia juga andal dikendarai di berbagai kondisi jalan. Dengan ground clearance setinggi 205 mm, serta radius putar sejauh 4,9 meter, membuat Xenia semakin mudah dalam bermanuver saat berkendara,” ungkap Kamil.

All New Xenia tersedia dalam 12 varian, serta total 7 pilihan warna. Untuk informasi harga, dapat mengunjungi langsung ke website resmi Daihatsu.co.id.

“Kami berharap, All New Xenia dapat diterima oleh para keluarga di Indonesia sesuai tagline-nya, Xenia Sahabat Keluarga. Semoga All New Xenia dapat meneruskan kesuksesannya menjadi kendaraan Low MPV pilihan utama, serta berkontribusi positif bagi pasar otomotif di Indonesia,” pungkas Kamil, seperti yang diungkapkan Anjar Rosjadi, Research & Development (R&D) Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor.

Untuk harga on the road di Batam, All New Xenia ini dibanderol dari Rp 183 juta hingga Rp 233 juta.

Berkat Xenia, Daihatsu Catat Penjualan Tertinggi

Jelang penutupan 2021, penjualan otomotif nasional terus mengalami pemulihan. Hingga November 2021, total market nasional untuk retail sales mencapai sekitar 761 ribu unit, dan wholesales sekitar 790 ribu unit. Capaian positif ini juga tak lepas dari dukungan pemerintah melalui relaksasi pajak (PPnBM) hingga Desember 2021.

Tak hanya bagi pasar otomotif nasional, penjualan Daihatsu juga mengalami peningkatan. Hingga November 2021, Daihatsu catatkan market share untuk retail sales sebesar 17,5%, dan whole sales sebesar 18,9%. Secara total penjualan unit, hingga November 2021, volume retail sales Daihatsu sebanyak 132.950 unit atau atau naik sebesar 46,4%, serta volume whole sales sebanyak 149.113 unit, atau naik 77% dibandingkan periode yang sama 2020 lalu.

Secara bulanan, penjualan Daihatsu pada November 2021 juga mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya menjadi 14.861 unit, yang juga merupakan penjualan bulanan tertinggi sepanjang tahun 2021. Adapun top 3 penjualan tertingginya yaitu Sigra 3.827 unit atau berkontribusi 25,8%, disusul Gran Max PU 3.590 unit (24,2%), dan Ayla 1.917 unit (12,9%).

Selain itu, Daihatsu telah meluncurkan All New Xenia pada 11 November 2021 lalu, dan mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia. Khusus November, baik All New Xenia, maupun Xenia model sebelumnya, secara total telah terjual sebanyak 1.555 unit, atau naik 199% dibandingkan rata-rata penjualan bulanan sebelumnya.

“Kami bersyukur, penjualan Daihatsu terus mengalami peningkatan dan sejalan dengan kenaikan pasar otomotif nasional. Semoga capaian positif ini bisa terus berlangsung, dan capaian pasar otomotif nasional dapat terus meningkat, serta lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO). (*)

Reporter : YUNUS SUCHARI