Metropolis

Pasar Murah, Wakil Wali Kota Batam: Kalau Semisal Ada Lebih Mahal, Saya Perintahkan Komoditinya Ditarik Saja

Wakil Wali Kota Batam, Amskar Achmad, saat meninjau pelaksanaan Pasar Murah di area Villa Pesona asri, Batam Kota. Foto: Humas Pemko Batam untuk Batam Pos

batampos – Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengecek pelaksanaan Operasi Pasar Murah jelang Natal dan Tahun Baru di Perumahan Villa Pesona Asri, Senin (13/12/2021).

Ia mengatakan, kegiatan tersebut penting dilakukan karena sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga.

“Seperti kita ketahui harga ini dipengaruhi oleh siklus cuaca,” ujarnya.

Ia mengatakan, Pemko Batam dan seluruh stakeholder terkait tidak tinggal diam atas melonjaknya harga-harga di pasaran.

Karena itu lanjutnya, Disperindag Kota Batam secara rutin dua kali dalam sepekan memantau perkembangan harga bahan pokok.

Selain itu kata dia, Satuan Tugas (Satgas) Pangan yang melibatkan aparat kepolisian juga terus bergerak memantau detil persoalan pangan serta koordinasi rutin stakeholder dalam rapat TPID.

“Kemudian hari ini, semua pihak terkait terlibat dalam pasar murah,” imbuhnya.

Prinsipnya, lanjut Amsakar, pemerintah memahami persoalan masyarakat yang dihadapi masyarakat dan pasar murah merupakan salah satu bentuk kehadiran negara di tengah persoalan yang dihadapi masyarakat.

“Pada kegiatan ini komoditi akan lebih murah karena melibatkan langsung sekitar 50 distributor. Kita harapkan fair, kalau semisal ada lebih mahal, saya perintahkan komoditinya ditarik saja daripada tersebar informasi yang bias ke masyarakat,” ucapnya.

Ia mengimbau, masyarakat dapat memanfaatkan hadirnya kegiatan tersebut. Dengan mendatangi dan berbelanja kebutuhan pokok dengan harga distributor langsung.

Namun demikian ia meminta kepada penyelenggara maupun masyarakat untuk tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19.

“Semoga kehadiran pasar murah ini dapat membantu masyarakat kita,” harap dia.

Salah seorang warga, Tri, mengaku sangat terbantu dengan adanya Pasar Murah. Menurutnya beberapa bahan pokok didapatinya dengan harga yang lebih murah dibandingkan di pasaran.

“Minyak makan di sini harganya Rp32 ribu, biasanya saya beli Rp35 ribu untuk ukuran dua liter,” jelasnya.

Selain itu lanjutnya, harga daging sapi yang biasanya dijual Rp85 ribu di Pasar Murah dapat ditebus Rp80 ribu per kilogram.

“Ya harganya lebih murahlah daripada di pasar. Alhamdulillah sangat terbantu,” ujarnya.

Operasi pasar murah kali ini, menyediakan berbagai komoditi seperti Beras, Minyak Goreng, Telur, Gula, Tepung, Daging Ayam dan Daging Sapi, Cabai, Bawang Merah dan Bawang Putih. Juga tersedia sayuran, Buah-buahan, Krimer Kental Manis, Ikan, Olahan Ikan, Mie instan hingga Gas LPG 3 kilogram (kg) dan Bright Gas 5,5 kg.

Adapun rincian jadwal pelaksanaannya yakni pada Hari Senin 13 Desember 2021 akan digelar di Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Nongsa. Selanjutnya pada Selasa 14 Desember 2021 digelar di Kecamatan Sagulung dan Batuaji. Sementara pada Rabu 15 Desember 2021 di Kecamatan Seibeduk.

Sedangkan pada Hari Kamis 16 Desember 2021 tim akan turun ke Kecamatan Bengkong dan Kecamatan Sekupang. Terakhir, pada Sabtu 18 Desember 2021 dilaksanakan di Kecamatan Lubukbaja dan Kecamatan Batuampar.(esa)