Pro Kepri

2022, Pelayanan Pajak BPHTB Bisa Online di Kantor UPTD Pajak dan Retribusi Daerah Tanjunguban

Kantor UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Tanjunguban yang berada di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara. F.Bapenda Bintan

batampos– Kabar gembira bagi masyarakat Bintan, khususnya Bintan bagian Utara. Tahun depan, pelayanan pajak bea perolehan hak tanah dan bangunan (BPHTB) bisa dilakukan online di Kantor UPT Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Tanjunguban.

BACA JUGA: Urus BPHTB Harus ke Kijang, Warga Tanjunguban Keberatan

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bintan, Hasis mengatakan, mulai tahun depan, masyarakat Tanjunguban dan sekitarnya bisa mendapatkan pelayanan pajak BPHTB secara online di kantor UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Tanjunguban.

Namun, sementara ini pelayanan pajak BPHBT hanya bisa dilakukan di kantor induk yakni kantor Bapenda yang  berlokasi di Kijang. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kebocoran pajak akibat belum siapnya infrastruktur.

Dijelaskannya, saat ini sumber daya manusia (SDM) terutama petugas verifikasi dan validasi masih terbatas. Selain itu, infrastruktur IT juga belum memadai.

Saat ini Bapenda Bintan, menurut Hasis, sedang meningkatkan pelayanan pajak dengan mempersiapkan sarana dan prasarana sehingga ke depan pelayanan pajak BPHTB bisa dilakukan di kantor UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Tanjunguban.

“Mudah-mudahan tahun depan pelayanan pajak BPHTB sudah bisa diselenggarakan di kantor UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah Tanjunguban,” tukasnya. (*)

Reporter: SLAMET NOFASUSANTO