Pro Kepri

Riono: Vaksinasi Anak Usia 6-12 Tahun oleh Pemko Tunggu Arahan Gubkepri

Pelaksanaan vaksin untuk anak anak di Polres Tanjungpinang

batampos– Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama TNI, dan Polri memastikan kesiapannya untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6-11 tahun di Kota Tanjungpinang pada Desember 2021 ini. Namun, dalam pelaksanaannya pemko masih menunggu arahan dari Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Ansar Ahmad.

BACA JUGA: Anak-Anak Antusiasme Ikuti Vaksinasi Perdana

“Kita menunggu arahan Gubernur sehingga pelaksanaannya nanti sesuai dengan arahan gubernur,” kata Koordinator Vaksinasi Covid-19 Kota Tanjungpinang, Riono, Rabu (15/12). Saat ini, kata Riono terkait data sasaran vaksinasi, Pemko Tanjungpinang sedang melakukan pelengkapan data agar dalam pelaksanaannya nanti tidak terkendala dengan hal-hal yang sifatnya teknis.

Berdasarkan data pokok pendidikan (Dapodik) yang terdaftar di Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, tercatat jumlah anak usia 6-11 tahun sebanyak 20.363 anak. Untuk siswa SD negeri sebanyak 15.528 anak dan swasta sebanyak 4.835 anak.

Jumlah tersebut, tidak termasuk anak yang tidak sekolah, siswa Sekolah Luar Biasa (SLB), Pesantren, Taman Kanak-kanak (TK), sekolah tahfidz, paket, dan anak-anak panti.

“Jadi, data ini harus benar-benar valid agar jumlah sasaran anak usia 6-11 tahun sebanyak 24.831 yang ditetapkan Pemprov Kepri mendapatkan vaksin,” ujar Riono.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Elfiani Sandri menjelaskan untuk pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini, pihaknya sudah mendapatkan petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentunya itu akan dilaksanakan segera.

Menurut informasi, dalam waktu dekat, Pemprov Kepri juga akan melakukan pencanangan vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

“Setelah itu, akan dilanjutkan pencanangan di tingkat kota dan akan dilaksanakan secara serentak,” papar Sandri.

Sandri menuturkan, untuk teknisnya, setiap Fasilitas Kesehatan (faskes) akan turun ke sekolah-sekolah atau jemput bola supaya anak-anak tidak repot datang ke faskes.

“Puskesmas dibantu TNI dan Polri siap turun serentak ke sekolah-sekolah berdasarkan wilayahnya. Dengan pemerataan pembagian itu, diharapkan bisa tercapai sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Tanjungpinang,” ujarnya. (*)

Reporter : Peri Irawan