Metropolis

THR Wajib Dibayar H-7 Natal

batampos– Kepala Dinas Tenaga Kerja Batam Rudi Sakyakirti mengatakan, Tunjangan Hari Raya (THR) wajib dibayarkan paling lambat H-7 Natal 2021. “THR wajib dibayarkan tujuh hari sebelum hari raya keagamaan,” kata Rudi, Selasa (14/12).

BACA JUGA: Naik Pesawat Saat Natal dan Tahun Baru Boleh Antigen

Disebutnya, THR merupakan kewajiban perusahaan untuk dibayarkan kepada pekerja. Rudi menyebutkan, untuk tahun ini THR Natal wajib dibayarkan perusahaan kepada pekerja paling lambat 18 Desember.

Ketentuan pembayaran THR diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh Di Perusahaan. Permenaker ini merupakan aturan turunan dari Peraturan Pemerintah RI No 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Pekerja yang masa kerjanya di atas 12 bulan, maka ia mendapat THR satu bulan upah. Sementara untuk pekerja yang masa kerjanya satu bulan berturut-turut atau lebih mendapat THR dengan perhitungan jumlah bulan masa kerja dibagi 12 kali satu bulan upah. “Ada hitungannya,” ucap Rudi.

Selanjutnya pembayaran THR bisa ditunda atau dicicil jika ada kesepakatan antara pekerja dan perusahaan. Ia menghimbau bagi perusahaan yang tidak mampu membayarkan THR pada waktu yang ditentukan agar menjalin dialog dengan pekerjanya untuk mencapai solusi bersama.

“Yang jelas bisa ditunda atau dicicil kalau ada kesepakatan. Kalau tidak wajib dibayarkan,” tegas Rudi. (*)

Reporter : Rengga Yuliandra