Metropolis

117 Ribu Pelajar Usia 6-11 Tahun Akan Divaksin

Vaksinator melakukan vaksinasi covid-19 kepada pelajar usia 6-11 tahun di Sekolah Yos Sudarso yang diselenggarakan oleh Binda Kepri, Selasa (14/12). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Pemerintah Kota Batam akan menggelar vaksinasi bagi pelajar usia 6-11 tahun. Rencananya vaksin khusus anak-anak ini akan digelar serentak di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Kepri, Jumat (17/12).

Kepala Dinas Pendidikan Batam, Hendri Arulan mengatakan kurang lebih 117 ribu anak usia 6-11 tahun terdaftar sebagai peserta didik. Vaksin direncanakan akan dilaksanakan bersama dengan BIN.

“Jumat di launching. Informasi awal akan dilaksanakan di Maha Vihara Duta Maitreya, Seipanas,” kata dia, Rabu (15/12).

Untuk pelaksanaan pertama, rencananya akan melibatkan kurang lebih 5 ribu pelajar. Untuk memudahkan vaksinasi akan melibatkan pelajar yang berlokasi dekat dengan lokasi Vihara.

Pelaksanaan ini juga diharapkan berjalan dengan protokol kesehatan (Protkes) yang ketat. Untuk itu, pelaksana akan dibagi menjadi beberapa sif. Hal ini guna menghindari adanya kerumunan saat pelaksanaan vaksin.

“Jadi kami lagi persiapkan ini, termasuk menyiapkan siswa yang akan mendapatkan vaksin. Tadi malam saya ikut zoom bersama Pak Gubernur dan stakeholder soal ini,” ujarnya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan panitia pelaksana untuk acara peluncuran vaksin serentak ini. Berdasarkan hasil rapat via zoom, vaksinasi untuk pelajar usia 6-11 tahun ini ditargetkan bisa selesai tahun ini.

Hendri mengungkapkan untuk mempermudah pelaksanaan vaksin pelajar ini. Diharapkan pelaksana nanti bisa dipusatkan di masing-masing kecamatan. Hal ini mempermudah pelajar dalam mendapatkan vaksin.

“Nanti kami minta dibuat sentra di kecamatan saja. Kalau dipusatkan satu titik saya rasa menyulitkan pelajar, dan tentu akan membutuhkan biaya, dan memakan waktu yang lama,” bebernya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Didi Kusmarjadi mengatakan vaksinasi untuk usia 6-11 tahun bisa berjalan dengan baik. Rencananya vaksin yang diberikan adalah Sinovac. (*)

Reporter: YULITAVIA