Metropolis

Jelang Nataru Penumpang di Bandara Naik

Aktivitas di Bandara Internasinal Hang Nadim Kota Batam. Tidak ada penambahan penerbangan jelang Libur Natal dan Tahun Baru. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

batampos – Jelang Natal dan Tahun Baru jumlah penumpang yang lalu lalang di Bandara Internasional Hang Nadim, naik dibandingkan bulan lalu. Walaupun ada kenaikan, tapi tidak signifikan. Hanya bertambah beberapa ratus orang seharinya.

General Manager BUBU Hang Nadim, Bambang Soepriono mengatakan jumlah penumpang Hang Nadim fluktuatif. Kadang naik, kadang turun.

“Awal bulan ini kisaran 8 ribuan orang (datang dan pergi). Tapi dalam pekan ini, kisaran 9 ribuan orang,” kata Bambang, Rabu (15/12).

Bambang mengatakan adanya kenaikan penumpang di minggu kedua Desember ini, tidak bisa jadi patokan sebagai arus mudik Nataru. Namun, ia tak menampik beberapa persen penumpang yang berangkat adalah orang-orang yang ingin merakayan Natal dan Tahun Baru di luar daerah. “Belum bisalah,” ucapnya.

Sejaub ini, Bambang mengatakan maskapai tidak ada yang mengajukan penambahan penerbangan. Jumlah penerbangan di Hang Nadim seharinya rata-rata 60 flight. “Tak naik dan tidak turun,” ucapnya.

Sehingga jika terjadi penambahan penumpang, tidak akan signifikan. Sebab, jumlah penerbangan tidak bertambah sampai saat ini. “Belum ada permintaan, baik lisan maupun tertulis,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai persiapan Nataru, Bambang mengatakan bahwa masih akan dirapatkan dengan stakeholder terkait. Namun, ia mengatakan bahwa kemungkinan formulanya sama dengan tahun lalu.

“Persiapannya sama kayaknya seperti tahun lalu,” ucapnya.

Bambang mengatakan bahwa penerapan protokol kesehatan adalah hal yang wajib dipatuhi calon penumpang. Setiap penumpang yang akan memasuki Bandara Hang Nadim akan diperiksa kelengkapan dokumennya oleh petugas KKP. Jika dokumennya sesuai dengan disyaratkan, maka barulah dipersilahkan masuk.

Penumpang yang masuk juga akan dicek suhunya dan wajib menggunakan masker. Petugas bandara akan selalu patroli dan senantias mengimbau calon penumpang mematuhi protokol kesehatan. (*)

Reporter : FISKA JUANDA