Metropolis

Vaksinasi Covid-19 Terus Digalakkan di Kota Batam

Masyarakat mengikuti vaksinasi yang digelar Polresta Barelang di SMA Maitreyawira, Batam Kota. Foto: Humas Polresta Barelang untuk Batam Pos

batampos – Sebanyak 500 warga Kota Batam, Provinsi Kepri, menjalani vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Polda Kepri dan Polresta Barelang di SMA Maotreyawira, Kamis (16/12/2021).

Kapolresta Barelang, Kombes Yos Guntur, mengatakan, kegiatan vaksinasi ini serentak dilakukan se-Indonesia dalam rangka mendukung pemerintah untuk mengakselerasi pelaksanaan vaksinasi nasional agar segera mencapai kekebalan komunal (Herd Immunity) dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Hari ini target kita 500 orang yang divaksin. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Bid Dokkes Polda Kepri bersama Sie Dokkes Polresta Barelang,” katanya.

Ia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi ini dilaksanakan untuk mencapai target karena masih ada di wilayah Indonesia ini belum mencapai target.

“Sedangkan di Kota Batam kita melakukan percepatan proses vaksinasi bagi masyarakat sehingga penyebaran Covid-19 dapat terkendali,” paparnya.

Kata dia, jenis vaksin digunakan yakni Sinovac, AstraZaneca dan Moderna untuk dosis 1 dan 2.

“Kami mengimbau masyarakat untuk bersama melawan Covid-19 dengan cara menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan melakukan vaksinasi,” ujarnya.

Salah seoranng peserta vaksinasi, Noel, mengatakan, dirinya sangat senang sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

“Saya sudah lama ingin divaksin AstraZaneca dosis kedua, akhirnya hari ini dapat juga,” katanya.

Menurutnya, sudah sering dirinya mendapatkan informasi terkait vaksinasi. Namun dikarenakan tidak mempunyai waktu luang, dirinya baru bisa mengikuti vaksinasi dosis kedua hari ini.

“Alhamdulillah sekarang sudah lengkap,” tuturnya.

Ia mengatakan, meski kasus Covid-19 di Kota Batam sudah menurun, dirinya tetap menjalankan protokol kesehatan di setiap aktivitasnya sehari-hari.

“Masker pasti dipakai, tak pernah lepas kalau di luar. Bahkan ke warung dekat rumah saya juga pakai masker. Mudah-mudahan Covid juga cepat hilang di Batam” katanya.

Hingga Rabu (15/12/2021), capaian vaksinasi di Kota Batam sudah 99,77 persen untuk dosis pertama dan 82,44 persen untuk dosis kedua.

Total sasaran vaksinasi di Kota Batam sebanyak 907.317 orang. Dengan rincian 789.451 usia 18 tahun ke atas dan 117.866 orang untuk usia 12 hingga 17 tahun.(esa)